Budaya Baca

Pemkab Bekasi Punya Perpustakaan Digital IBekasikab untuk Mendukung Peningkatan Budaya Literasi

Peluncuran IBekasikab dilaksanakan untuk memudahkan pembaca meminjam buku bacaan tanpa harus datang ke perpustakaan konvensional.

Pemkab Bekasi Punya Perpustakaan Digital IBekasikab untuk Mendukung Peningkatan Budaya Literasi
Dokumentasi humas Pemkab Bekasi
Pemkab Bekasi meluncurkan Perpustakaan Digital IBekasikab. 

Guna memotivasi dan memacu minat baca sekaligus meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Bekasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan sebuah aplikasi, Perpustakaan Digital IBekasikab.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Dedy Supriyadi mengatakan, peluncuran IBekasikab untuk memudahkan pembaca meminjam buku bacaan tanpa harus datang ke perpustakaan konvensional.

"Aplikasi yang bisa diunduh di smartphone berbasis Android dan IOS ini merupakan aplikasi perpustakaan digital milik Kabupaten Bekasi yang bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun," ujarnya, Minggu (20/10/2019).

Selain itu, melalui aplikasi IBekasikab Digital Library, masyarakat juga bisa meminjam buku secara gratis. Baik secara online maupun offline dengan berbagai fitur yang menarik dan bermanfaat.

“Melalui aplikasi itu juga pemustaka bisa berkomunikasi dengan pemustaka lainnya. Bisa juga sharing tentang buku yang tersedia. Selain itu ada fitur E-Pustaka yang bisa mengakomodir Perangkat Daerah, komunitas dan organisasi untuk menampilkan konten lokal berupa hasil karya untuk masyarakat,” ungkapnya.

Aplikasi IBekasikab Digital Library diluncurkan dengan berbagai koleksi bahan pustaka. Mulai dari buku anak, agama, buku motivasi hidup dan buku karya fiksi.

Beberapa koleksi best seller seperti Mimpi Sejuta Dollar karya Merry Riana dan Negeri 5 Menara karya Anwar Fuadi diharapkan bisa menarik kaum muda untuk menggunakan aplikasi IBekasikab.

"Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan gemar membaca di Kabupaten Bekasi. Kami berharap masyarakat Kabupaten Bekasi menjadi masyarakat yang berliterasi. Aplikasi ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam upaya mencerdaskan bangsa,” ungkap dia.

Sementara Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, mengatakan, aplikasi perpustakaan digital (E-Book) bertujuan untuk memenuhi masyarakat akan literasi di era modern dan serba internet.

“Sebuah aplikasi buku-buku pelajaran dan bacaan untuk konsumsi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum," ujarnya Eka.

Dirinya menyambut baik salah satu inovasi yang dilakukan oleh Disarpus. Aplikasi ini, guna memenuhi dan memudahkan masyarakat untuk membaca buku-buku pilihan yang Best Seller serta buku-buku pelajaran.

"Saya berharap selain menyediakan buku-buku pelajaran dan bacaan. IBekasikab juga bisa sebagai ruang informasi program-program pemerintah dan profil Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

Ditambahkannya, nantinya IBekasikab juga berintegrasi dengan program Bebunge (Bekasi Nyambung Bae), juga ada konten Bupati Menyapa.

"Semua perangkat harus berinovasi meningkatkan pelayanan. Saya juga minta semua beperan aktif dalam IBekasikab agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal," katanya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved