Wanita Kelola Keuangan Rumah Tangga, Keputusan Beli Rumah Didominasi Pria?

Melalui Google Analytic, Lamudi, didapati bahwa dari total 3,89 juta pencari rumah melalui portal Lamudi, sebanyak 55 persen di antaranya adalah pria.

Wanita Kelola Keuangan Rumah Tangga, Keputusan Beli Rumah Didominasi Pria?
thinkstockphotos
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- "Menteri Keuangan" setiap rumah tangga boleh saja dipegang perempuan, namun urusan keputusan membeli rumah, laki-laki ternyata lebih dominan.

Hal ini terbukti dari hasil riset Lamudi Indonesia yang dilakukan selama kurun Agustus hingga pertengahan Oktober 2019.

Melalui mesin pencari Google Analytic, Lamudi, didapati bahwa dari total 3,89 juta pencari rumah melalui portal Lamudi, sebanyak 55 persen di antaranya adalah pria.

"Sementara wanita sekitar 45 persen," kata Managing Director Lamudi Indonesia, Mart Polman, kepada Kompas.com, Sabtu (19/10/2019).

Hingga Oktober IHSG Turun 3 Persen, Saham-saham Ini yang Bisa Menahan Penurunan Indeks

Mart mengatakan, lebih lanjut, para pria pencari rumah ini umumnya masih masuk dalam kategori millennials, yakni berusia antara 25 tahun-34 tahun dengan jumlah 48,69 persen.

Menyusul di tempat kedua adalah laki-laki berusia serentang 35 tahun-44 tahun dengan angka 18,95 persen.

Kemudian mereka yang berusia di kisaran 18 tahun-24 tahun sebanyak 15,01 persen, dan usia 45 tahun-54 tahun sejumlah 10,30 persen, serta para lelaki babby boomers berumur 55 tahun-64 tahun atau 5,66 persen.

"Para pencari rumah ini, menggunakan perangkat gawai untuk mencari rumah idaman," kata Mart.

Mengapa Investor Asing Masih Senang dengan Surat Berharga Negara?

Para pria ini, rata-rata mengincar rumah dengan harga di bawah Rp 700 jutaan yang berlokasi masih di seputar Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jadebotabek).

Meski demikian, Mart tidak menjelaskan, mengapa laki-laki mendominasi ketimbang perempuan, apakah karena statusnya sebagai kepala keluarga yang mencari nafkah atau ada alasan lainnya.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved