Pelantikan Presiden

KH Maruf Amin Nyatakan Masih Ketua Umum MUI Meski Dilantik Jadi Wakil Presiden Dampingi Jokowi

KH Maruf Amin hari ini dilantik menjadi Wakil Presiden RI mendamping Joko Widodo sebagai presiden. Meski demikian dia nyatakan masih ketum MUI.

KH Maruf Amin Nyatakan Masih Ketua Umum MUI Meski Dilantik Jadi Wakil Presiden Dampingi Jokowi
Istimewa
Wakil Presiden Terpilih KH Ma'ruf Amin dan putrinya Siti Nur Azizah. KH Ma'ruf Amin menyatakan dirinya masih Ketua Umum MUI meski nonaktif. 

KH Maruf Amin hari ini dilantik menjadi Wakil Presiden RI mendamping Joko Widodo sebagai presiden. Meski demikian dia nyatakan masih ketum MUI dengan alasan dirinya jadi ketum dulu baru terpilih jadi wapres.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid, mengatakan, KH Ma'ruf Amin hanya nonaktif saja dari jabatan Ketua Umum MUI.

Periode jabatan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) berlangsung selama lima tahun dan dapat dipilih kembali.

KH Maruf Amin dipilih menjadi Ketua Umum MUI pada 27 Agustus 2015. 

Menurut Zainud Tauhid, KH Maruf Amin nonaktif  karena permintaan peserta Rakernas MUI, di Lombok, NTB, beberapa waktu lalu.

"Peserta rakernas MUI masih meminta beliau untuk melanjutkan sampai Munas yang akan datang, tahun 2020," kata Tauhid, di Jakarta, Sabtu (19/10/2019), seperti dikutip Antara.

Dengan demikian, menurut dia, tidak ada rangkap jabatan di tubuh MUI dengan nonaktifnya Ma'ruf dari jabatan ketua umum ketika resmi menjadi wakil presiden.

Prosesi pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin akan digelar di Kompleks Parlemen Senayan pada siang nanti.

"Beliau mengatakan, begitu dilantik menyatakan nonaktif jadi tidak ada perangkapan (jabatan)," ucapnya.

Mengenai pelantikan, MUI mendoakan agar seluruh proses berjalan lancar, tidak ada kejadian yang menghambat proses puncak dari pesta demokrasi itu.

Halaman
12
Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved