Prakiraan Cuaca

BMKG Bogor: Sekarang Fase Peralihan Musim Kemarau ke Musim Hujan, Waspadai Hujan dan Angin Kencang

BMKG Bogor: Sekarang Fase Peralihan Musim Kemarau ke Musim Hujan, Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang

BMKG Bogor: Sekarang Fase Peralihan Musim Kemarau ke Musim Hujan, Waspadai Hujan dan Angin Kencang
BMKG Bogor
Prakiraan awal Musim Hujan Provinsi Jawa Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bogor mengeluarkan imbauan kepada warga Bodetabek.

Bahwa, saat ini merupakan fase peralihan cuaca. Sehingga saat hujan disertai angin kencang bahkan petir menggelegar di wilayah yang diguyur hujan.

"Normal Pak, karena sekarang sudah mulai masuk masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan," kata Kasi Data dan Informasi Stasiun BMKG Bogor, Hadi Saputra kepada Warta Kota, Jumat (18/10/2019).

Menurutnya, hujan yang disertai angin kencang seperti yang terjadi di Yasmin, Kota Bogor pada hari lalu dikarenakan adanya pergerakan awan seperti tumbuhan kembang kol yang biasa disebut awan cumulonimbus.

Awan ini bisa mengakibatkan hujan lebat dalam waktu singkat yang disertai angin kencang, terkadang disertai petir dan bisa mengakibatkan hujan es.

"Awan-awanini matang di siang/ sore hari sekitar pukul 14.00 , tandanya ketika sudah terdengar suara petir menggelegar," katanya.

Oleh karena itu masyarakat sudah harus waspada begitu terdengar suara petir, karena bisa jadi sebentar lagi hujan lebat disertai angin kencang akan bertiup

" Kami mengimbau agar jangan berlindung dibawah pohon, papan reklame, saung-saung. Carilah tempat yg kokoh ketika angin kencang datang," sarannya.

Lebih lanjut Hadi mengungkapkan bahwa potensinya untuk saat ini baru sekitar bogor Sukabumi, Cianjur, Bandung dan Purwakarta.

"Nanti akan menjalar kewilayah Timur jawa barat pada bulan-bulan kedepan," kata Hadi

Ketika disinggung awal musim hujan, Hadi mengungkapkan prakiraan BMKG paling cepat akhir Oktober untuk wilayah Bogor Selatan, Sukabumi Utara dan Cianjur Utara.

"Wilayah lain menyusul setelah itu," ujarnya seraya mengungkapkan paling akhir wilayah Pantura, masuk musim hujannya bulan Desember

"November baru masuk musim hujan. Tiap wilayah berbeda2 awal masuknya, tegasnya. 

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved