BERITA VIDEO

VIDEO : MPR Gelar Latihan Gladi Kotor Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan, pihaknya harus memastikan acara berjalan lancar sehingga hari ini dilaksanakan gladi kotor

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar gladi kotor persiapan acara pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jum'at (18/10/2019).

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan, pihaknya harus memastikan acara berjalan lancar sehingga hari ini dilaksanakan gladi kotor dan diakhiri gladi resik pada Sabtu (19/10/2019).

"Dan besok ada gladi resik, gladi resik ini sudah final saya kira dan lusa hari Minggu tentu tinggal pelaksanaan," kata Ma'ruf di Kompleks, Senayan, Jakarta, Jum'at (18/10/2019).

Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma'ruf Cahyono beri penjelasan simulasi pembacaan sumpah presiden saat gladi kotor jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).
Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma'ruf Cahyono beri penjelasan simulasi pembacaan sumpah presiden saat gladi kotor jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). (Warta Kota/Alex Suban)

Ma'ruf mengatakan, persiapan acara pelantikan saat sudah hampir maksimal.

Ia mengatakan, tidak ada kendala untuk melaksanakan acara tersebut.

PLN UID Jakarta Raya Pastikan Pasokkan Listrik Aman Saat Pelantikan Presiden 2019 - 2024

Stasiun dan Jalan Tol di Tangerang Dijaga Ketat Jelang Pelantikan Presiden

"Prinsip sebenarnya siap sekali ya, sudah maksimal. Tapi kalau mau persentase saya kira sudah di atas 90 persen, 95 persen ya," ujarnya. Ma'ruf mengatakan, persiapan acara pelantikan mulai dari sarana prasarana, pengamanan, sumber daya manusia dan publikasi sudah disiapkan.

Petugas Setjen MPR melakukan simulasi sidang paripurna  jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). Pengucapan sumpah jabatan serta pelantikan presiden dan wapres terpilih masa bakti 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019).
Petugas Setjen MPR melakukan simulasi sidang paripurna jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). Pengucapan sumpah jabatan serta pelantikan presiden dan wapres terpilih masa bakti 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019). (Warta Kota/Alex Suban)

"Tentu ada unsur-unsur pengamanan internal kita juga sudah integrasikan, koordinasikan supaya penuh mendukung pengamanan internal dalam rangka sidang-sidang MPR itu," tuturnya.

Petugas Setjen MPR melakukan simulasi pembacaan sumpah presiden saat gladi kotor jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).
Petugas Setjen MPR melakukan simulasi pembacaan sumpah presiden saat gladi kotor jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). (Warta Kota/Alex Suban)

Ma'ruf mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh fraksi di Parlemen agar seluruh anggota MPR menghadiri sidang paripurna pelantikan presiden dan wakil presiden.

Selain itu, ia mengatakan, dari perkembangan terakhir ada 18 tamu dari negara sahabat dan utusan khusus yang dipastikan hadir dalam acara pelantikan.

Petugas Setjen MPR melakukan simulasi pembacaan sumpah presiden saat gladi kotor jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). Pengucapan sumpah jabatan serta pelantikan presiden dan wapres terpilih masa bakti 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019).
Petugas Setjen MPR melakukan simulasi pembacaan sumpah presiden saat gladi kotor jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). Pengucapan sumpah jabatan serta pelantikan presiden dan wapres terpilih masa bakti 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019). (Warta Kota/Alex Suban)

"Jadi kalau negara jumlahnya bisa ratusan, sekitar 100 sekianlah yang hadir dan akan menempati tempat duduk yang sudah dipersiapkan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MPR Gelar Gladi Kotor Upacara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Sabtu Gladi Resik", https://nasional.kompas.com/read/2019/10/18/15224781/mpr-gelar-gladi-kotor-upacara-pelantikan-jokowi-maruf-sabtu-gladi-resik.
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Diamanty Meiliana

Penulis: Alex Suban
Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved