Revisi UU KPK

Tak Kunjung Terbitkan Perppu KPK, Jokowi Ditagih Janji Nawacita Keempat

Saat pelantikan Presiden Oktober 2014 lalu Presiden Joko Widodo berjanji soal penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya

Tak Kunjung Terbitkan Perppu KPK, Jokowi Ditagih Janji Nawacita Keempat
KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA
Presiden Joko Widodo alias Presiden Jokowi 

UNDANG-undang KPK hasil revisi yang sempat kontroversial akhirnya mulai berlaku 17 Oktober lalu.

Pegiat Anti Korupsi Alvon Kurnia Palma mempertanyakan pertanggung jawaban Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Nawacita poin keempatnya.

Diketahui janji Jokowi di awal pemerintahannya 2014 lalu menerbitkan 9 nawacita. Di poin keempat janji tersebut berbunyi.

Polisi Bongkar Makam Kucing yang Mati Dicecoki Miras Jenis Ciu, Ini Hasilnya

“Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.”

Alvon kembali mempertanyakan komitmen tersebut di tengah peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) KPK yang tidak juga segera diterbitkan.

“Kalau dikaitkan dengan nawacita ke-4 Jokowi, jadi pertanyaan, apakah memang di pilar tersebut mempunyai komitmen untuk mewujudkan itu? ini di menit terakhir pemerintahan loh,” tanya Alvon di Apa Kabar Indonesia Tv One Kamis (17/10/2019).

Kenyataannya kata Alvon, Jokowi malah melemahkan KPK lewat perubahan UU KPK. Menurutnya UU KPK saat ini menghancurkan cita-cita penegakan hukum yang bebas korupsi seperti yang Jokowi janjikan sebelumnya.

Chelsea Gunakan Formasi Baru untuk Taklukkan Newcastle United

Dimana KPK seharusnya ditetapkan sebagai lembaga ekstraordinary yang memiliki 3 fungsi yakni penyelidikan, penyidikan dan peradilan.

Sampai saat ini kata Alvon, KPK masih dibutuhkan oleh Indonesia mengingat dua lembaga peradilan lainnya yakni Jaksa dan Kepolisian belum maksimal memberantas korupsi bahkan cenderung terlibat korupsi.

“Gak usah jauh-jauh lah contoh kasusnya, lihat aja proses tilang menilang, apakah benar-benar seluruhnya di lapangan sudah bersih dari suap menyuap,” kata Alvon.

Halaman
123
Penulis: Desy Selviany
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved