Musim Hujan

Hadapi Musim Hujan, Jakarta Utara Siagakan Puluhan Mesin Pompa Air

Jakarta Utara Siagakan Puluhan Mesin Pompa Air Untuk Hadapi Musim Hujan yang tiba.

Hadapi Musim Hujan, Jakarta Utara Siagakan Puluhan Mesin Pompa Air
Kompas.com/Robertus Belarminus
Rumah Pompa sisi timur di Waduk Pluit Penjaringan, Jakarta Utara. 

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara memastikan seluruh pompa pengendali air, baik stasioner maupun mobile dan portable, siap digunakan saat musim hujan datang.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara Adrian Mata Maulana mengatakan, seluruh mesin pompa pengendali air berfungsi normal. 

Keseluruhannya dapat digunakan jika terjadi nantinya terdapat uapan air melebihi kapasitas akibat intensitas hujan yang tinggi.

"Seluruh pompa pengendali air berfungsi normal. Setiap pekannya kita selalu update perkembangan kondisi mesin," ujar Adrian dalam keterangannya, Jumat (18/10/2019).

Jika dirinci terdapat 19 lokasi rumah pompa pengendali air stasioner dengan total 38 mesin berbagai kapasitas di Jakarta Utara. 

Namun, 2 mesin di antaranya dalam perbaikan, yakni satu unit mesin berkapasitas 2.000 liter per detik di Rumah Pompa Pinang, Koja.

Lalu satu unit mesin pompa berkapasitas 500 liter per detik di Rumah Pompa Kapuk 3. 

"Dua mesin dalam perbaikan hanya tergolong rusak ringan. Hanya butuh penggantian klep saja," ujarnya.

 Sementara untuk pompa mobile dan portable, dipastikannya terdapat lima mesin berkondisi normal dan enam lainnya mengalami rusak ringan.

"Untuk pompa mobile dan portable totalnya ada 11 unit. Rata-rata berkapasitas mulai dari 100-400 liter per detik. Seluruhnya berfungsi normal meski ada beberapa pompa dalam perawatan," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved