Berita Video

VIDEO: Langgar Perizinan, Rumah Mewah Dibongkar Petugas Satpol PP Jaksel

Kelebihan lantai pada bangunan ditegaskannya telah melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

VIDEO: Langgar Perizinan, Rumah Mewah Dibongkar Petugas Satpol PP Jaksel
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Suasana pembongkaran 

Terbukti melanggar peraturan, sebuah rumah mewah yang berlokasi di Jalan Persada Raya Nomor 2 RT 10/03 Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan akhirnya dibongkar petugas Satpol PP Jakarta Selatan pada Kamis (17/11/2019).

Penertiban bangunan tersebut diungkapkan Kepala Satpol PP Jakarta Selatan, Ujang Hermawan merupakan penindakan atas peringatan bertahap yang sebelumnya disampaikan.

Sebab, bangunan yang senyatanya terdaftar dalam Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Tebet berlantai tiga itu dijelaskannya justru dibangun pemilik menjadi empat lantai.

Kelebihan lantai pada bangunan ditegaskannya telah melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sehingga seluruh lantai empat berikut ruangan serta atap rumah harus dibongkar. Hal tersebut sejalan dengan Rekomendasi Teknis (Rekomtek) Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Jakarta Selatan.

"Sesuai IMB-nya bangunan rumah ini harusnya tiga lantai, namun faktanya empat lantai. Rekomendasi Citata kita bongkar seluruh ruang-ruang di lantai empat sesuai dengan izinnya, jadi (pembangunan) harus disesuaikan dengan IMB-nya," ungkapnya di sela-sela penertiban pada Kamis (17/10/2019).

Ditemui bersamaan, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Jakarta Selatan, Luasman Manihuruk menyasar pada pelanggaran IMB. Sehingga, rumah mewah yang dilengkapi dengan lift itu hanya dibongkar pada bagian atasnya.

"Bangunan yang dibongkar itu yang dinilai melanggar, bagian atasnya, kira-kira 150 meter. Untuk lift kita tidak tahu apakah ada izin atau tidak, karena dalam rekomtek itu tidak disebutkan mereka (Sudin Citata Jakarta Selatan)," jelas Luasman.

Lepas Tangan

Terpisah, Kepala Seksi Citata Kecamatan Tebet, Rudi mengungkapkan pembongkaran rumah mewah tersebut merupakan usulan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Tebet. Sehingga dirinya enggan memaparkan sejumlah pelanggaran lainnya.

"Tanya PTSP saja," ungkapnya singkat sembari berlalu.

Walau begitu, belasan juru bongkar Satpol PP Jakarta Selatan terlihat mulai melakukan pembongkaran sejumlah ruangan yang berada di lantai empat. Hanya dipersenjatai palu godam berukuran besar, belasan juru sita terlihat menggempur dak dan dinding beton bangunan.

Pelan namun pasti, tembok berdinding tebal mulai runtuh, begitu juga dengan dak beton rumah. Sementara, para pekerja bangunan yang berada di lokasi hanya bisa terdiam melihat hasil kerjanya dibongkar paksa petugas Satpol PP. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved