Bekasi

Rektor Unkris H Abdul Rivai: Setelah Wisuda Bergabung di Ikatan Keluarga Besar Alumni

Rektor Unkris berharap mahasiswa-mahasiswi-nya yang baru lulus kuliah dan diwisuda untuk bergabung dengan Ikatan Keluarga Besar Alumni (Ikeba) Unkris.

Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Rektor Unkris Dr H Abdul Rivai, SE, M.Si, saat acara Wisuda Sarjana ke-59, Program Magister ke-23 dan Program Doktor ke-7 ‎di Pendopo Kampus Unkris, Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Rabu (16/10/2019). 

Rektor Universitas ‎Krisnadwipayana (Unkris), Dr H Abdul Rivai, SE, M.Si, berharap mahasiswa-mahasiswi-nya yang baru lulus kuliah dan diwisuda untuk bergabung dengan Ikatan Keluarga Besar Alumni (Ikeba) Unkris.

Pasalnya, dengan aktif dalam Ikeba Unkris‎, mereka akan terus menjaga tersambungnya tali silaturahmi antar alumni, dan antara alumni dan Unkris, serta dapat ikut bersama-sama berperan serta dalam memajukan Unkris.

Hal itu disampaikan Abdul Rivai dalam sambutannya saat acara Wisuda Sarjana ke - 59, Program Magister ke - 23 dan Program Doktor ke - 7 ‎di Pendopo Kampus Unkris, Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Rabu (16/10/2019).

Abdul Rivai mengatakan, dengan gelar kesarjanaan saja, terkadang tidak cukup menjamin seseorang alumni dapat dengan mudah memasuki dunia kerja atau bidang kehidupan tertentu sesuai dengan keinginannya.

Oleh sebab itu, masih diperlukan adanya daya juang, sikap positif, kesempatan dan hubungan atau networking yang tepat.

 Kompaknya Gading Marten dan Juria Hartmans dari Lagu Kesukaan Sampai Panggilan Sayang

 MENDADAK Suami Sah Datang Hingga Acara Pernikahan Batal Digelar di Gereja, Sang Wanita Meronta-Ronta

 Ditanya Mau Jadi Apa Setelah Jadi Mendagri, Tjahjo Kumolo: Saya Ini TNI

 

"Maka sangat diperlukan didalam dan diluar kampus adalah komitmen untuk menjaga kekompakan, kesatuan dan persatuan serta peran Ikeba Unkris untuk ikut serta memberi kontribusinya terhadap kemajuan almamater tercinta, dan kiprahnya dalam pembangunan nasional,” kata Abdul Rivai.

Ia menambahkan, ‎ keberhasilan suatu almamater antara lain juga dapat diukur dari banyak tidaknya para lulusan yang berhasil dengan baik dalam menempuh kehidupan dan peranannya dalam masyarakat.

Hal tersebut,‎ baik pada tingkatan lokal, nasional maupun internasional serta kontribusinya (feedback) dalam usaha membangun, meningkatkan dan mengembangkan kampus almamaternya sendiri.

"Maka, selayaknya setiap lulusan Unkris dapat berkontribusi dalam masyarakat, bangsa dan negara," kata Abdul Rivai.

Sementara itu, Ketua Ikeba Unkris, Dr. H. Nata Irawan, SH, M.Si, mengatakan, keberadaan organisasi alumni merupakan satu kekuatan yang dapat memainkan peranan penting dalam memajukan almaternya.

 BREAKING NEWS: Akhirnya KPK Tahan Bupati Indramayu Supendi

"Dari alumni diharapkan lahirnya berbagai ide, ‎gagasan atau konsep yang praktis dan sinergis guna mengakselerasi pengembangan proses pendidikan pada almamaternya," ujar Nata Irawan.

Menurut Nata Irawan, diakui atau tidak, ikatan alumni, memiliki keunikan dan sangat potensial.

Alasannya, ‎karena, wadah alumni dibentuk dari heterogenitas kepakaran, dan menampung setiap lulusan dari berbagai disiplin ilmu dan latar belakang pengalaman, yang kemudian dipersatukan melalui ikatan emosional yang cukup erat.

Hal tersebut, karena pernah berada dalam satu almamater.

Oleh sebab itu, kata Nata Irawan, Ikeba Unkris sebagai sumber ikatan emosional, harus dipelihara dengan baik dalam konteks silaturahmi dan sinerginitas yang bertujuan untuk kemaslahatan.

 BREAKING NEWS: Wanita yang Bawa Anjing Masuk Masjid Jadi Tersangka Penistaan Agama

"Kami terus berupaya, agar semua simpul bersinergi demi membesarkan almamater. Kami juga sangat percaya bahwa para alumni Ukris terutama angkatan terdahulu, ya telah sukses ‎dan memiliki kesempatan, untuk peduli pada rekan alumni yang baru, dengan cara membantu, membimbing, dan membangun network yang dapat memfasilitasi mereka dalam memasuki dunia kerja," kata Nata Irawan.

Sementara itu, dalam kegiatan wisuda kali ini, Unkris meluluskan sebanyak 689 wisudawan/wati, yang terdiri, Program Sarjana Strata 1 (591 orang), Program P‎ascasarjana (96 orang), dan Program Doktor Ilmu Hukum (2 orang).

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved