Breaking News:

Pelantkan Presden

Pernah Jadi Wapres di Dua Era, Ini Bedanya Gaya Kepemimpinan Jokowi dan SBY

Jusuf Kalla mengakui gaya kepimpinan Jokowi dan SBY berbeda. Namun yang penting baginya ialah berkerja profesional sebagai Wapres.

mata najwa
Wakil Presiden Jusuf Kalla di acara Mata Najwa 

JUSUF Kalla sudah dua kali menjadi Wakil Presiden. Satu di era Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) satu lagi di era Joko Widodo (Jokowi).

Jusuf Kalla blak-blakan soal pengalamannya di kedua pemerintahan tersebut. Menurut JK, baik di bawah pimpinan SBY atau Jokowi memang memiliki gaya masing-masing dalam memimpin.

“Tidak banyak berbeda, cuma semua pemimpin itu punya gaya kepemimpinan berbeda, tapi prinsipnya bekerja dengan baik, cari solusi dan harus tampil,” kata JK di acara Mata Najwa, Rabu (16/10/2019).

Setelah 10 Bulan Kehilangan Orang-orang Dekat, Ifan Memberanikan Diri Menyanyikan Masih Harus Disini

Namun demikian kata JK, ia mengaku bekerja sesuai prinsipnya baik di era SBY dan Jokowi. Dimana kata JK, ia paham betul posisi sebagai Wakil Presiden.

Baik di era SBY atau Jokowi ia mempunyai satu prinsip pokok yakni satu langkah di belakang dan satu tone suara lebih rendah.

“Kalau tidak aakn timbulkan masalah, akan ada krisis kepemimpinan,” kata JK.

Meski begitu, seorang Wapres kata JK juga harus tetap memiliki kontribusi dalam kebijakan negara. Sebab, dalam Undang-undang posisi Wapres bukanlah ban serep melainkan pembantu presiden di setiap kebijakan.

“Jadi kalau tidak aktiv bukan membantu namanya,” kata JK.

Sehingga kata JK, selama 5 tahun ini ia aktif memberikan inisiatif kepada Jokowi dalam berbagai kebijakan.

Pramugari Garuda Indonesia Perkenalkan Tenun Flight Bermotif Floral Karya Desainer Muda

Inisiatif kepada Presiden dinilai penting karena seorang Wapres tidak bisa mengeluarkan kebijakan sendiri seperti layaknya Menteri atau Presiden. “Kalau tidak ada inisiatif sulit,” kata JK.

Halaman
123
Penulis: Desy Selviany
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved