Berita Video

VIDEO : Wapres JK Ajak Para Dubes Negara Sahabat Tinjau Pembangunan UIII di Depok

Wapres Jusuf Kalla mengajak duta besar negara sahabat meninjau pembangunan Universitas Internasional Islam Indonesia di Depok, Selasa (15/10/2019)

WAPRES Jusuf Kalla mengajak duta besar negara sahabat meninjau pembangunan Universitas Internasional Islam Indonesia di Depok, Selasa (15/10/2019).

Duta besar yang hadir, yakni dari Arab Saudi, Turki, Inggris, Australia, Jepang, Amerika Serikat, Oman, dan Qatar.

Kepada para Dubes, Kalla menunjukkan progres pembangunan kampus UIII yang sedang berjalan.

VIDEO: Sama-Sama Dirawat di RSPAD, Kivlan Zen Kirim Bunga dan Doa ke Wiranto

"Asrama mahasiswa pembangunannya sudah terkerjakan 70 persen," ujar Kalla.

Kalla menambahkan banyak kemajuan yang dicapai dalam proses pembangunan kampus UIII. Hanya, masih ada permasalahan berupa sejumlah lahan yang masih dalam proses pembebasan.

Meski demikian, Kalla optimistis proyek senilai Rp 3,5 triliun itu bisa selesai pada 2021 serta dapat segera difungsikan.

Kalla mengatakan, pemerintah melibatkan para ahli dan bekerja sama dengan sejumlah pihak negara sahabat dalam membangun UIII.

"Kami minta kerja sama dalam hal ahli-ahli. Kedua dalam hal bahasa. Lalu dalam pengiriman mahasiswa dan ini juga kerja sama antaragama. Di sini diterima mahasiswa non-Muslim," lanjut dia.

VIDEO: Sama-Sama Dirawat di RSPAD, Kivlan Zen Kirim Bunga dan Doa ke Wiranto

Diberitakan, pemerintah membangun kampus UIII di Kompleks RRI, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kampus yang dibangun di atas tanah seluas 142 hektar tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada tanggal 29 Juni 2016.

Peresmian awal pembangunannya dimulai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kita dikenal sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Sudah sepatutnya Indonesia menjadi rujukan peradaban Islam dunia," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa (5/6/2018).

"Biaya pembangunannya Rp 3,5 triliun dan dimasukkan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional. Tahun ini akan dimulai dan telah dianggarkan Rp 700 miliar," lanjut dia.

Dibalik Jenderal Andika Perkasa Hadapi Nyiyiran istri TNI, Ada Sosok Wanita Tegas

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres Kalla Ajak Dubes-dubes Tinjau Pembangunan UIII", https://nasional.kompas.com/read/2019/10/15/12551801/wapres-kalla-ajak-dubes-dubes-tinjau-pembangunan-uiii.
Penulis : Rakhmat Nur Hakim

Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved