Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Begini Sistem Pemadaman Otomatis di Bus Zhongtong untuk Cegah Kebakaran Transjakarta

Sebelum berfungsi, sopir akan mengetahui suhu dalam bus melalui indikator temperatur yang terletak di sisi kanan ruang pengemudi.

Warta Kota
Senior Engineer Perum PPD saat menunjukan sistem APAR otomatis di ruang mesin. 

Rizki selaku Senior Engineer Perum PPD menjelaskan bahwa Bus TransJakarta bermerek Zhongtong merupakan generasi ketiga sehingga terdapat banyak pemuktahiran dalam sistem operasionalnya.

Pembaruan pada sistem terdapat pada sistem pemadam kebakaran otomatis di ruang mesin di mana terdapat 5 APAR yang akan berfungsi secara otomatis.

Sebelum berfungsi, sopir akan mengetahui suhu dalam bus melalui indikator temperatur yang terletak di sisi kanan ruang pengemudi.

"Yang biasanya ditakutkan adalah bahaya kebakaran kan. Jadi sekarang sudah dipasang indikator temperatur tersebut. Di dalam mesin tetap ada pemadaman api secara otomatis. Ada 5 APAR yang otomatis menyala ketika ada api di ruang mesin," ucap Rizki di Pool Bus TransJakarta PPD, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (16/10).

Ketika indikator bewarna hijau, temperatur suhu di ruang mesin berada dalam kondisi stabil, yakni sekira 65 sampai 70 derajat celcius. Indikator akan berubah menjadi warna kuning ketika suhu di ruang mesin mulai meningkat.

"Kami rekomendasikan suhu paling tinggi di ruang mesin adalah 80 derajat celsius. Karen kalau sudah 100 derajat celsius, indikatornya langung otomatis berganti warna jadi merah," terangnya.

Ketika hal itu terjadi, sistem APAR akan langsung berfungai secara otomatis. Saat terjadi kebakaran, seorang sopir diharuskan untuk meminggirkan kendaraannya.

"Pertama kalau ada kebakaran, APAR pasti sudah pecah. Bentuknya powder. Kenapa powder? Karena APAR disesuaikan dengan bentuknya juga. Karena kami bahan bakar gas dan listrik makanya lebih baik pakai powder," ujar Rizki.

Ia mengingatkan agar sopir tidak langsung mematikan mesin agar sistem tetap berfungsi dengan baik.

Kemudian, sopir harus langsung menekan tombol otomatis pembuka pintu dan tangga darurat bagi penumpang. Bus Zhongtong disebutnya memiliki 3 sistem pembuka pintu secara otomatis.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved