Kesehatan

Pembenahan Sosialisasi JKN Dapat Atasi Tunggakan Iuran JKN

Besarnya jumlah penunggak iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi salah satu penyebab defisit anggaran program JKN

Pembenahan Sosialisasi JKN Dapat Atasi Tunggakan Iuran JKN
Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) dari unsur ahli, dr Zaenal Abidin, menjadi pembicara di Diskusi Evaluasi Capaian dan Harapan Pelaksana Kerja Forum Media DJSN di Bogor. 

BOGOR, WARTAKOTALIVE.COM -Besarnya jumlah penunggak iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi salah satu penyebab defisit anggaran program JKN.

Salah satu upaya untuk mengatasi hal itu dengan membenahi sosialisasi JKN.

“Sosialisasi yang paling efektif adalah menceritakan dan menyampaikan hal yang positif kepada masyarakat tentang jaminan sosial dilakukan oleh orang yang pernah merasakan langsung manfaat jaminan sosial.

"Para peserta yang pernah merasakan manfaat jaminan sosial lah yang paling efektif,” kata Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) dari unsur Ahli, dr Zaenal Abidin, di acara Diskusi Evaluasi Capaian dan Harapan Pelaksanaan Kerja Forum Media DJSN 2019, di Cikopo, Kabupaten Bogor, Senin (14/10/2019).

Menurut Zaenal, bila semangat membangun jiwa bangsa lewat JKN tidak tersosialisasikan dengan baik, maka ada pesan yang tidak tersampaikan.

Akibatnya persepsi masyarakat soal jaminan sosial menjadi negatif dan cenderung dianggap beban.

Contohnya adalah soal biaya atau iuran JKN, masyarakat justru merasa takut dipenjarakan bila menunggak iuran.

Padahal spirit sesungguhnya bukan demikian.

Kedisiplinan peserta membayar iuran merupakan salah satu unsur dukungan atas keberlangsungan program JKN.

“Bila di benak masyarakat itu justru ada beban dan takut, maka itu artinya ada kegagalan dalam mendakwahkan atau mengiklankan program JKN.

Halaman
12
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved