Pengelolaan Sampah

Anies Ingin ITF Sunter Selesai Lebih Cepat Dari Jadwal

"Jangan berjalan sesuai jadwal, tapi berjalanlah lebih cepat dari jadwal. Itu yang kita harapkan. Jadi bukan hanya sesuai jadwal, tapi lebih cepat,"

Anies Ingin ITF Sunter Selesai Lebih Cepat Dari Jadwal
Istimewa
Penandatanganan PKS proyek penanganan sampah ITF Sunter antara Pemprov DKI Jakarta dengan PT Jakarta Propertindo. 

Kehadiran Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter diharapkan bukan sekadar tempat fasilitas pengelolaan sampah tapi juga menjadi lokasi pembelajaran bagi anak-anak sekolah.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, dalam perencanaan ITF Sunter, pihaknya berharap tempat tersebut mempunyai fungsi yang bervariasi selain pengelolaan sampah.

"Bukan saja pengelolaan sampah. Bukan saja sumber energi. Tetapi menjadi tempat pembelajaran sekolah bahkan se-Indonesia," ucap Anies, Rabu (16/10/2019).

ITF Sunter Jadi Proyek Kolaboratif yang Berjalan Lintas Waktu

Jakpro Tangani Sampah ITF Sunter, Distribusi Listrik Dipegang PLN

Apalagi lokasi ITF Sunter berdampingan dengan Jakarta International Stadium (JIS) yang sedang dibangun serta kawasan wisata Ancol.

Selain itu juga rencananya akan ada LRT Jakarta yang melintas di sekitar lokasi.

"Nantinya tempat ini jangan kita bayangkan sekarang, kita bayangkan 10-20 tahun yang akan datang, wong perencanaannya kita bicarakan dari 13 tahun yang lalu. Jadi di masa itu, tempat ini harus bisa menjadi tempat untuk masyarakat kita belajar," tegas Anies.

PLN Beli Listrik Sampah Seharga 11,88 sen Dollar Amerika per kWh dari ITF Sunter

Rencana Pelaksanaan Pembangunan Fisik ITF Sunter Dimulai 2020 Selesai 2022

Anies juga berharap agar pembangunan ITF Sunter tidak hanya berjalan sesuai rencana dan rampung pada tahun 2022, tapi berjalan lebih cepat dari apa yang sudah dijalankan.

"Jangan berjalan sesuai jadwal, tapi berjalanlah lebih cepat dari jadwal. Itu yang kita harapkan. Jadi bukan hanya sesuai jadwal, tapi lebih cepat dari jadwal," katanya.

"On budget is important. On quality is important, but faster than schedule that is more important. Jadi kita berharap ketiganya kita dapatkan," ujarnya.

Jika 4 ITF Jadi Dibangun, Sampah Ibu Kota Tidak Lagi Bermuara ke Bantargebang

VIDEO: Imbas Pembangunan Pengolahan Sampah ITF Sunter, kibat Pembangunan ITF Sunter

Pasalnya, apabila fasilitas tersebut bisa terwujud lebih cepat dari apa yang sudah direncanakan, maka upaya untuk mengatasi sampah yang ditimbulkan setiap harinya di Jakarta bisa segera teratasi.

"Karena kita menginginkan proses ini bisa segera berjalan. Kita berharap bisa segera dieksekusi," ucapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved