Berita Video

VIDEO: Zaskia Adya Mecca Terbiasa Mengurus Anak Asma

"Setiap anak itu obat asma nya beda-beda, bahkan 3 bulan aku harus balik lagi, karena obatnya itu tergantung berat badan

VIDEO: Zaskia Adya Mecca Terbiasa Mengurus Anak Asma
Warta Kota/Nur Ichsan
Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo 

Zaskia Adya Mecca sudah terbiasa datang ke UGD rumah sakit saat malam atau dini hari karena tiga dari empat anaknya memiliki penyakit asma.

Aktris yang kini aktif menggeluti bisnis fashion ini menyebutkan ia memang selalu siaga kalau-kalau asma dari Sybil anak pertamanya, Bhai Kaba anak ketiganya atau Bhre Kata anak keempatnya kambuh.

“Aku tuh punya problem dengan asma jadi sering banget kalau anak sudah batuk atau pilek pasti jam dua pagi aku udah di UGD dan aku baru pulang crcjam lima pagi,” ucap Zaskia saat ditemui ditemui di acara 'Program Intervensi Perbaikan Penanganan Asma di Indonesia, di Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).

Tidak hanya saat kambuh, Zaskia juga harus rajin ke rumah sakit untuk membawa anak-anaknya mengecek kembali kondisi asma mereka dan meminta racikan obat baru.

"Setiap anak itu obat asma nya beda-beda, bahkan 3 bulan aku harus balik lagi, karena obatnya itu tergantung berat badan anak dan keberatan asmanya itu dan itu obat racik terus," papar Zaskia.

Zaskia menceritakan ketiga anaknya terdeteksi asma di umur yang berbeda-beda seperti Sybil mulai terdeteksi asma sejak ia berusia satu tahun.

Kemudian belajar dari pengalaman Sybil, saat Kaba dan Bhre mulai mengalami batuk dan pilek yang tidak sembuh-sembuh Zaskia lansung mendeteksi kalau dua putranya itu juga mengidap asma, tentunya ditambah dengan pernyataan dari dokter.

Untuk mengobati asma pada anak-anaknya, Zaskia pun harus keliling Jakarta untuk menemukan dokter yang paling pas untuk menangani anaknya.

"Dari seluruh dokter paru asma anak, aku baru cocok satu, beliau sudah enggak praktek, usianya yang satu 86 yang satu 85. Sampe yang satu sudah ga bisa praktik jadi kalau meriksa anak saya sudah tremor," ucap Zaskia.

Selain itu Zaskia juga selalu menyediakan nebulizer alat untuk menghirup uap untuk melegakan bagian paru-paru yang sesak.

Zaskia bahkan sengaja menyediakan beberapa tipe mulai dari yang harus dicolok ke listrik dan satu lagi yang portable agar mudah dibawa saat bepergian.

"Untungnya sekarang yang harganya Rp300.000 juga udah ada. Jadi buat orang tua yang anaknya udah kena asma, Nebulizer di rumah paling mahal harganya Rp 700.000," papar Zaskia.(*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved