Breaking News:

Kabinet Jokowi

Menteri Kalangan Profesional Lebih Loyal dan Berkompeten untuk Kabinet Jokowi

DUKUNGAN mengalir kepada Presiden Jokowi terkait pengisian jabatan menteri di periode keduanya.

KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA
Presiden Joko Widodo alias Presiden Jokowi 

DUKUNGAN mengalir kepada Presiden Jokowi terkait pengisian jabatan menteri di periode keduanya.

Presiden Joko Widodo ingim memberi jatah porsi menteri lebih besar kepada kalangan profesional ketimbang partai politik.

Terlebih dalam periode pertama pemerintahannya, lima peringkat teratas menteri terbaik semua berasal dari kalangan profesional.

Kecelakaan Terulang Lagi Saat Truk Trailer Kecelakaan Tunggal di Tol Kemayoran Dampak Rem Blong

Hal itu dinyatakan CEO Alvara Reaearch Center, Hasanuddin Ali menanggapi penyataan Presiden Jokowi yang akan memberikan porsi 55% posisi menteri ke kalangan prpofesional, sementara dari parpol cukup 45 %. "M

“Dari survei terakhir yang kami lakukan, ada tiga menteri di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla periode 2014-2019 yang tingkat kepuasan publiknya tinggi. Mereka terdiri dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani," jelas Hasanuddin di Jakarta, Senin (14/10).

Kualifikasi Euro 2020, Pertandingan Bulgaria vs Inggris dengan Skor 0-6 Diwarnai Tindakan Rasialis

Dua menteri yang berada di lima besar lainnya, yakni Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. "Tingkat kepuasan tertinggi kinerja menteri diraih oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dengan 91,95%," tambahnya.

Menurutnya, dengan metode pengambilan sampel menggunakan multi-stage random sampling, sebanyak 1.800 responden berusia 14-55 tahun yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia itu dipilih dan diwawancarai secara tatap muka.

"Survei ini memiliki tingkat kepercayaan tinggi, 95% dengan rentang margin of error sebesar 2,35%. Ini artinya, publik mengakui kinerja dari menteri dengan latar belakang profesional," lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Indostrategi Arif Nurul Imam yang menilai menteri dari kalangan profesional akan lebih loyal kepada Jokowi dan berdedikasi tinggi terhadap tanggung jawabnya.

LINK LIVESTREAMING Indonesia vs Vietnam: Simon McMenemy Tunjuk Kapten Baru Skuad Garuda

"Menteri dari kalangan profesional dia tidak punya loyalitas ganda antara parpol dan presiden. Ia akan loyal ke presiden saja," jelas Arif di Jakarta, Selasa (15/10).

Halaman
12
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved