Berita Bekasi

Ratusan Karateka se Kabupaten Bekasi Ikuti Kyu Lemkari

Selain sebagai ujian rutin berkala, kegiatan ini juga digunakan untuk mencari bakat baru dan menjaring karateka yang berkualitas.

Ratusan Karateka se Kabupaten Bekasi Ikuti Kyu Lemkari
istimewa
Ratusan Karateka Ikuti Kyu Lemkari Bekasi 

Sebanyak 324 karateka sabuk putih hingga coklat yang berasal dari 14 dojo (ranting) Lembaga Karete-do Indonesia (Lemkari) Se-Kabupaten Bekasi mengikuti ujian penurunan kyu di Sekolah Putra Dharma Global, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (13/10/2019).

"Ujian kyu ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkala setiap semester yang kali ini di Bekasi dilaksanakan pada bulan Oktober 2019," kata Dewan Guru PB Lemkari Shihan Yulianto.

Selain sebagai ujian rutin berkala, kegiatan ini juga digunakan untuk mencari bakat baru dan menjaring karateka yang berkualitas.

Para peserta diberikan kesempatan mengikuti event kejuaraan-kejuaraan lainnya.

"Olahraga beladiri karate ini selain memberikan keahlian dalam ilmu beladiri juga bertujuan untuk menjadikan manusia yang sehat, kuat dan tangguh sehingga dapat menjadi generasi masa depan yang berdaya saing tinggi," ujarnya.

Ia berharap lebih banyak lagi generasi muda yang berlatih berolahraga dan khususnya berolahraga karate.

"Apalagi olahraga karate sangat bermanfaat untuk pembentukan mental genarsi muda," sambungnya.

Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Sensai Aryadi mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengetahui kemampuan karateka selama berlatih di ranting atau dojo di wilayah Bekasi.

"Kami berharap para karateka Lemkari Bekasi dapat meningkatkan kemampuan, tak hanya kuantitas tetapi kualitas para atletnya," ujarnya.

Ketua Cabang Lemkari Bekasi, Sensai Joni Purba mengatakan, ujian kyu merupakan salah satu penentu karateka layak atau tidak untuk mendapatkan tingkatan sabuk yang lebih tinggi.

"Materi ujian meliputi kihon atau gerakan dasar, kata atau jurus dan kumite atau pertarungan," kata Joni.

Adapun dewan pengujinya terdiri dari Sensai Joni, Sensai Kusmadi, Sensai Herizal, dan Sensai Irwan WK.

Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved