Wiranto Diserang

Jadi Korban Tindak Terorisme, Wiranto dan 3 Korban Penusukan Dapat Kompensasi dari LPSK

Wakil Ketua LPSK Bidang Hak Saksi dan Korban Antonius PS Wibowo menjelaskan, Wiranto beserta 3 korban lain yang terluka berhak mendapatkan kompensasi

Jadi Korban Tindak Terorisme, Wiranto dan 3 Korban Penusukan Dapat Kompensasi dari LPSK
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Konferensi pers terkait peran LPSK dalam kasus penusukan Menkopolhukam Wiranto di Kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (14/10). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

CIRACAS, WARTAKOTALIVE.COM -- Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Wiranto menjadi korban percobaan pembunuhan yang terjadi di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10) lalu.

Wakil Ketua LPSK Bidang Hak Saksi dan Korban Antonius PS Wibowo menjelaskan sebagai korban tindak terorisme, Wiranto beserta 3 korban lain yang terluka berhak mendapatkan kompensasi dari LPSK.

Hal tersebut sambungnya merupakan bagian dari mandat UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Terhadap UU Nomor 15 tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

"LPSK langsung bergerak untuk memberikan kompensasi tanpa mereka harus mengajukannya. Hal itu tercantum dalam Pasal 358 ayat 2 UU 5 tahun 2018, LPSK bertugas memberikan perlindungan berupa bantuan medis sesaat setelah peristiwa," kata Wibowo di Kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (14/10).

Secara konkret, pihak LPSK telah mencoba menemui Wiranto guna menanyakan kondisi kesehatannya pada Jumat (11/10) lalu.

Tak hanya Wiranto, bahkan 3 korban lain yang saat ini dirawat di Pandeglang, yakni Kapolsek Menes, FS dan Y yang merupakan ajudan Danrem.

"Hasil koordinasi dengan Densus tersebut, kami peroleh informasi, bahwa serangan tersebut dikatagorikan tindak pidana terorisme. LPSK meyampaikan tugas terkait perlindungan korban pada tindak pidana terorisme dan menyampaikan guarantee letter kepada pihak rumah sakit," ungkapnya.

Surat tersebut berfungsi agar semua biaya pengobatan korban terorisme ditanggung langsung oleh LPSK.

Tak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan bantuan penyembuhan psikis pasca pengobatan luka tusuk.

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved