Gubuk Bekas Kandang Ayam yang Ditempati Mang Akol Akhirnya Siap Direnovasi Menjadi Hunian yang Layak

“Bupati sudah mengintruksikan untuk membatu merehab rumah Mang Akol. Melalui Program Gebrak Pakumis, kami merehab secara kawasan tidak parsial,

Gubuk Bekas Kandang Ayam yang Ditempati Mang Akol Akhirnya Siap Direnovasi Menjadi Hunian yang Layak
Warta Kota/Andika Panduwinata
Melihat kondisi rumah Aska (52) atau Mang Akol, warga Kampung Sukasari RT 07 / RW 02 Desa Pabuaran, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang yang tidak layak huni, pemerintah setempat berniat untuk membangun tempat tinggal itu. Seperti diketahui Mang Akol sudah 13 tahun bermukim hidup sebatang kara di gubuk yang bekas kandang ayam. 

Kabar gembira diterima Aska atau biasa disapa Mang Akol (52). Rumah gubuknya yang bekas kandang ayam akan segera dibangun oleh pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang menjadi sebuah tempat tinggal yang layak huni.

Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli menyatakan kesiapannya membangun rumah yang berada di Kampung Sukasari RT 07/RW 02 Desa Pabuaran, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang tersebut.

Romli mengaku sudah mendapat informasi keberadaan rumah Mang Akol. Secara pribadi, dia menyatakan prihatin.

“Bupati sudah mengintruksikan untuk membatu merehab rumah Mang Akol. Melalui Program Gebrak Pakumis, kami merehab secara kawasan tidak parsial, untuk itu kita bangun secara swadaya dengan Camat dan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait,” papar Mad Romli, Senin (14/10/2019) kepada Wartakotalive.com.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, juga telah berkoordinasi dengan Camat Jayanti, CR Inton untuk mendata kembali siapa saja warganya yang kurang mampu dan rumahnya tidak layak huni.

“Kami sebenarnya telah merencanakan membedah rumah warga Jayanti tersebut,” ucap Maesyal.

Sementara itu Camat Jayanti, CR Inton, mengatakan, dirinya akan meninjau rumah Mang Akol untuk mengecek seberapa besar biaya merehab rumah dengan swadaya Pemerintah Kabupaten Tangerang agar layak huni.

Begitu pula dengan kondisi kesehatan Aska, Camat juga telah mengintruksikan kepada pihak Puskesmas agar mengecek kesehatan Mang Akol yang sakit-sakitan itu.

“Dalam waktu seminggu rumah Mang Akol ini kita bedah agar layak huni. Terkait kesehatannya Puskesmas Jayanti terus memantau kesehatan Mang Akol agar segera pulih,” kata Inton.

Seperti diketahui Mang Akol sudah 13 tahun hidup sebatang kara dan bermukim di gubuk yang bekas kandang ayam itu.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved