Anda Ingin Mengetahui Sejarah Pemasyarakatan, Datang Saja Ke Museum Pemasyarakatan Di Tangerang

Namun sayangnya keberadaan Museum Pemasyarakatan yang letaknya berada di dalam areal Lapas Kelas IIA Tangerang, belum dikenal banyak orang,

Anda Ingin Mengetahui Sejarah Pemasyarakatan, Datang Saja Ke Museum Pemasyarakatan Di Tangerang
warta kota/nur ichsan
Museum Pemasyarakatan 

WARTA KOTA, TANGERANG  -------  Tahukah anda bila di Kota Tangerang terdapat Museum Pemasyarakatan, kehadiran museum yang menyatu dengan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas. II A Tangerang, menambah jumlah museum yang ada di tanah air dengan koleksi yang beragam.

Museum Pemasyarakatan
Museum Pemasyarakatan (ist)

Museum yang berlokasi di Jalan Daan Mogot Km 23, Kota Tangerang ini, berdiri pada 2017 lalu, dan diresmikan pembukaannya oleh Menteri Kemenkumham, Yasonna Laoly, ini menyimpan berbagai benda bersejarah terkait lembaga pemasyarakatan bekas peninggalan penjajah Belanda., 

Adapun benda benda bersejarah yang tersimpan di museum ini diantaranya seperti Senapan, Pedang, Lonceng dan berbagai jenis timbangan yang hingga kini sebagiannya masih berfungsi.

Museum Pemasyarakatan
Museum Pemasyarakatan (ist)

Museum ini berada di areal bangunan lembaga pemasyarakatan yang berdiri sejak tahun.1877 ini, merupakan saksi bisu sejarah pemasyarakatan pada maasanya, dengan berbagai perlakuan terhadap para penghuninya yang dapat dilihat dari deretan poto yang  terpampang di dinding museum.

Benda benda bersejarah yang terpajang di museum ternyata tidak hanya berasal dar beberapa lapas yang ada di Tangerang saja tetapi juga dari daerah lainnya seperti Rutan Sukamiskin (Bandung. Jawa barat), Rutan Sumatra dan Nuakambangan jawa tengah.

Museum Pemasyarakatan
Museum Pemasyarakatan (ist)

"Berbagai koleksi yang ada di museum ini berasal dari berbagai rutan yang ada di Indonesia, yang tentunya juga dari wilayah Tangerang dan sekitarnya, semua ada di sini , ni". kata Plh. KPLP. Kelas IIA Tangerang. Astrid Retno Yuni Winarti, saat dijumpai, Sabtu, (12/10/19).

Namun sayangnya keberadaan Museum Pemasyarakatan yang letaknya berada di dalam areal Lapas Kelas IIA Tangerang, belum dikenal banyak orang, termasuk warga yang tinggal di sekitarnya,

Museum Pemasyarakatan
Museum Pemasyarakatan (ist)

"Terus terang saya tidak mengetahui kalau di dalam lapas ini ternyata ada Museum Pemasyarakatan, padahal saya tinggal di dekat lapas ini". ujar Adinda, warga setempat.

Dengan adanya Museum Pemasyarakatan ini, masyarakat luas bisa belajar banyak dan mengetahui bagaimana sejarah dan seluk beluk perjalanan pemasyaraatan di tanah air yang mungkin belum banyak yang mengetahuinya.

Penulis: Nur Ichsan
Editor: M Nur Ichsan Arief
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved