Kondisinya Memprihatinkan, Konsep TOD Dapat Diaplikasikan pada Terminal Lebak Bulus dan Pondok Labu

Konsep TOD Dapat Diaplikasikan pada Terminal Lebak Bulus dan Pondok Labu yang kondisinya memprihatinkan.

Kondisinya Memprihatinkan, Konsep TOD Dapat Diaplikasikan pada Terminal Lebak Bulus dan Pondok Labu
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana Terminal Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan pada Jumat (11/10/2019). 

Kondisi Terminal Lebak Bulus yang kini memprihatinkan diakui Kepala Unit Pengelola (UP) Terminal DKI Jakarta, Muslim.

Menurutnya, pembangunan Terminal Lebak Bulus dapat mengacu pada konsep Transit Oriented Development (TOD) layaknya sejumlah terminal besar yang tengah dibangun pemerintah pusat saat ini.

Konsep TOD yang dapat diaplikasikan pada Terminal Lebak Bulus dijelaskannya seperti Terminal Poris Plawad di Kota Tangerang, Banten.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, terminal dapat terintegrasi dengan sejumlah ruang publik.

Ruang publik pun tidak hanya sebatas transit atau menghubungkan antar moda transportasi, tetapi juga terintegrasi dengan perkantoran, perumahan dan pasar.

Konsep tersebut diyakini dapat menjadi solusi atas pangkalan liar hingga kemacetan serta optimalisasi agar masyarakat aktif menggunakan transportasi umum.

"Perlu kajian mendalam untuk menerapkan konsep TOD, (bangunan) bawah terminal, atasnya bisa sebagai pasar atau perkantoran dan hunian. bila memungkinkan bisa juga dibangun Terminal Terpadu," ungkapnya menunjukkan maket Terminal Poris Plawad di Kota Tangerang pada Jumat (11/10/2019).

Konsep tersebut dijelaskannya dapat menjawab keterbatasan lahan yang kerap kali menjadi kendala dalam pembangunan infrastruktur di Ibu Kota.

Selain itu, pembangunan TOD dipastikannya dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang.

"Konsep TOD ini sangat baik, dengan pemanfaatan lahan atau ruang secara maksimal bernilai tambah dan memberikan multi-effect bagi daerah sekitarnya," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved