Transportasi

Jika Ibu Kota Dilanda Banjir, Ini yang Akan Dilakukan MRT Jakarta

Seperti diketahui, hingga kini Jakarta belum benar-benar terbebas dari banjir di musim hujan.

Jika Ibu Kota Dilanda Banjir, Ini yang Akan Dilakukan MRT Jakarta
ANTARA/HO-MRT Jakarta/pras.
Penumpang turun dari kereta MRT saat dievakuasi akibat adanya gangguan dan pemadaman listrik di Jakarta, Minggu (4/8/2019). 

Seperti diketahui, hingga kini Jakarta belum benar-benar terbebas dari banjir di musim hujan.

Mengantisipasi segala kemungkinan terbukti, PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menyatakan telah siap dengan mitigasi dan penanganan bencana banjir yang bisa berefek pada terganggunya fasilitas yang terletak paling rendah di Sudirman-Thamrin.

Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar menyebut pihaknya sudah mengantisipasi banjir pada sistem bawah tanah dengan mengandalkan sistem drainase yang ada di jalur tersebut.

"Kami sudah mulai mengantisipasi kondisi yang mungkin terjadi manakala terjadi banjir di kawasan Sudirman-Thamrin khususnya, kami pastikan sistem drainase jangan ada yang ditutup sepanjang jalur ini karena kalau sistem drainase ditutup maka airnya bisa melintas," kata William, di Jakarta, Sabtu (12/10/2019) terkait kesiapan menghadapi musim hujan.

Selain sistem drainase, MRT Jakarta juga tengah menyiapkan instrumen untuk menghadang air hujan agar tidak masuk ke dalam stasiun.

 Polda Metro Bekuk 8 Polisi Bandara Soetta yang Peras 5 Polisi Arab Saudi Sedang Liburan

 Kapolsek Menes Sepak Istri Penikam Wiranto, Sembunyikan Kunai di Balik Jubah Panjang

 Foto-foto Tangisan Penyesalan Istri Kolonel Kav Hendi Suhendi, Ambil Himah untuk Kita Semua

 Pemuda Tebas Leher Tetangga Lalu Umumkan Kematian Korban di Masjid dan Menabuh Gendang

William mencontohkan, posisi elevator Stasiun Dukuh Atas dirancang cukup tinggi untuk mengatasi genangan air.

“Namun, jika air tetap naik lagi tidak bisa dibendung, misal  banjirnya besar sekali kemudian air masuk ke dalam stasiun, maka mesin generator akan bekerja untuk memompa air keluar," tuturnya.

Jika aliran air tetap tidak bisa dikendalikan saat masuk wilayah yang paling rawan yakni Stasiun Bundaran Hotel Indonesia dan Dukuh Atas, menurut  William, MRT Jakarta bakal memberhentikan sementara perjalanan kereta.

"Kalau situasinya sudah SOS, kami memilih untuk tidak menjalankan kereta dan menutup stasiun sementara. Di kami ada beberapa kondisi darurat, pertama ketika terjadi mati lampu lalu banjir, gempa bumi, kebakaran atau misalnya kereta keluar dari jalur," tuturnya.

 KONDISI Terkini Irish Bella dan Ammar Zoni setelah Janin Kembar Meninggal disampaikan Orang Dekatnya

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved