Berita Jakarta

Fraksi Gerindra DPRD DKI Sebut Pembangunan Kampung Akuarium Tidak Langgar Aturan

"Dalam Perda itu di Pasal 607, bahwa kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah dapat dilaksanakan di semua zonasi, kecuali

Fraksi Gerindra DPRD DKI Sebut Pembangunan Kampung Akuarium Tidak Langgar Aturan
Wartakotalive.com/Anggie Lianda Putri
Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Syarif 

Fraksi Gerindra di DPRD DKI Jakarta memastikan pembangunan Kampung Akuarium, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara tidak melanggar aturan yang ada.

Apalagi wilayah di sana bukan jalur hijau atau peruntukan ruang terbuka hijau (RTH) yang dilarang untuk pembangunan fisik.

"Dalam Perda DKI Jakarta Nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), Kampung Akuarium merupakan zona P3," kata Wakil Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Syarif pada Minggu (13/10/2019).

Syarif menjelaskan, yang dimaksud zona P3 berarti lokasi itu merupakan kawasan dengan peruntukan sebagai tempat kegiatan pemerintah daerah beserta fasilitasnya.

Dari situ, DKI berpandangan lahan tersebut bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Dalam Perda itu di Pasal 607, bahwa kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah dapat dilaksanakan di semua zonasi, kecuali zonasi hijau, lindung dan biru. Itulah yang dilarang," ujarnya.

"Dengan demikian, pembangunan rumah lapis di kawasan tersebut bisa dilakukan," tambahnya.

Pemprov DKI Jakarta berencana membangun rumah lapis berlantai empat dengan jumlah 142 unit di Kampung Akuarium pada 2020 mendatang. Bahkan DKI saat ini sedang melelang rencana desain atau detail engineering design (DED) proyek tersebut. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved