Layanan Umum

Bandara Soekarno-Hatta Juga Punya Dilo, Robot Layanan Pelanggan

Dilo memiliki bentuk fisik mungil, berwarna putih, dengan dua tangan yang selalu merespons ketika diajak berinteraksi. Tugasnya melayani pelanggan.

Bandara Soekarno-Hatta Juga Punya Dilo, Robot Layanan Pelanggan
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini juga memiliki robot Dilo yang bertugas layaknya personil customer service. 

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, di Tangerang, Banten, mengoperasikan robot pembersih lantai sejak Agustus lalu. 

Namun, robotic scrubber drier (RSD) itu, bukan satu-satunya robot yang bekerja di sana.

Angkara Pura II mengungkapkan, selain peralatan otonom untuk membersihkan lantai, di Bandara Soekarno-Hatta, saat ini juga memiliki robot Dilo.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Operasikan Robot Pembersih Lantai

Berbeda dari RSD, tugas robot Dilo adalah melayani pelanggan. 

Dilo memiliki bentuk fisik mungil, berwarna putih, dengan dua tangan yang selalu merespons ketika diajak berinteraksi.

"Robot ini dapat membantu penumpang pesawat memberikan petunjuk atau informasi seputar bandara. Lebih dari itu, Dilo juga memiliki fitur multimedia (musik, video, dokumen) sehingga dapat juga menghibur traveler di terminal," kata Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, dalam siaran tertulisnya, Minggu (13/10/2019).

Skytrain Bandara Soetta akan Dioperasikan tanpa Awak, Saat Ini Masih Pakai Awak Pengemudi

Angkasa Pura II, kini memang tengah mengarah untuk memanfaatkan sejumlah fasilitas otonom, dalam meningkatkan pelayanan di bandara-bandara, termasuk Soekarno-Hatta.

Selain pembersih lantai dan Dilo, pihaknya juga memiliki Digital Wayfinding yang dapat secara otomatis menunjukkan jalan di terminal kepada para pelancong.

Penarik Bagasi

Selain robot pembersih lantai dan robot pelayanan pelanggan, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta juga menggunakan tenaga robot pada area bagasi.

Ekspansi Luar Biasa, Ini Daftar Bandara Baru yang Pengelolaannya Diserahkan ke Angkasa Pura II

Nama robotnya, Baggage Lifting Equiment (BLE).

"Di area bagasi, conveyor belt di Terminal 3 Soekarno-Hatta juga sudah dilengkapi dengan alat otonom Baggage Lifting Equipment. Yaitu untuk menarik bagasi milik penumpang pesawat untuk diteruskan ke baggage claim area, supaya bisa dengan cepat diambil pemilik bagasi tersebut," ujar Agus.

Agus mengatakan, peralatan otonom pembersih lantai di Terminal 3 beroperasi dengan tetap memastikan faktor keselamatan dan keamanan.

Gubernur dan Pelajar Banten Penemu Robot Deteksi Bencana Raih Penghargaan Teknologi Nasional

“Guna memastikan keselamatan dan keamanan, operasional dari peralatan otonom pembersih lantai ini senantiasa disupervisi oleh tim Angkasa Pura II. Peralatan otonom dan personil kebersihan akan saling melengkapi sehingga kebersihan Terminal 3 dapat terjaga dengan sempurna," jelasnya.

Selain di Soekarno-Hatta, robotic scrubber drier ini kemungkinan juga akan akan ditempatkan di bandara-bandara lain di bawah Angkasa Pura II.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved