200 Meter Kubik Sampah Kayu Nyangkut di Kali Berlan Telah Diangkut

200 Meter Kubik Sampah Kayu Nyangkut di Kali Berlan Telah Diangkut oleh UPK Badan Air Jakarta Timur

200 Meter Kubik Sampah Kayu Nyangkut di Kali Berlan Telah Diangkut
Dok. Instagram Jakarta Info
Proses pengangkutan sampah kayu di Kali Berlan, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (12/10/2019). 

Petugas dari UPK Badan Air Jakarta Timur mengangkut sebanyak 200 meter kubik sampah kayu gelondongan yang tersanglut di Kali Berlan, Jalan Raden Saleh, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (12/10/2019) siang.

Leo Tantino, Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Timur, mengatakan pihaknya mengerahkan sebanyak 160 petugas guna mengangkut sampah di aliran Kali Ciliwung Lama tersebut.

"Sampah tersebut kami angkut menggunakan 12 mobil bak kecil sebanyak 168 meter kubik, kemudian mobil carry 8 unit sebanyal 32 meter kubik," ujar Leo saat dikonfirmasi.

Leo mengatakan, sampah yang tesangkut tak hanya berupa kayu, ada pula kasur dan bahkan lemari yang ikut terseret arus sungai.

Sampah-sampah tersebut menumpuk lantaran pihaknya membuka pintu air yang terletak di Kali Berlan saat hujan mengguyur Jakarta pada Rabu (9/10/2019) lalu, sehingga kayu-kayu ikut tersangkut di sana.

Sebagian sampah lain terseret aliran air yang cukup deras dan tertahan di Pintu Air Manggarai.

"Kan sempet siaga 3, sempat dibuka pintu airnya dan kemudian ngumpul di situ yang belum keambil. Bawaan dari Katulampa yang belum keambil ke situ larinya. Nyangkut ke situ dulu baru ke Pintu Air Manggarai," ungkap Leo.

Pihaknya mengalami kesulitan lantaran terdapat kayu berukuran besar sehingga harua dipotong terlebih dahulu sebelum bisa diangkat menggunakan mobil backhoe.

"Dibuangnya nanti ke daerah Perintis, dekat Kelapa Gading. Di sana memang dijadikan tempat pembuangan sementara sampah-sampah dari Jakarta Timur," katanya.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved