Membangkitkan Silat Cingkrik Melalui Gelar Kesenian dan Budaya di Rawa Belong

Membangkitkan Silat Cingkrik Melalui Gelar Kesenian dan Budaya di Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Membangkitkan Silat Cingkrik Melalui Gelar Kesenian dan Budaya di Rawa Belong
Warta Kota/Joko Supriyanto
Atraksi silat cingkrik pada pagelaran kesenian dan budaya yang digelar di Jalan Rawa Belong, Kebon Jeruk Jakarta Barat. Sabtu (12/10/2019). 

Masyarakat Rawa Belong mengelar festival kesenian dan budaya di Jalan Rawa Belong, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Sabtu (12/10/2019).

Salah satu agendanya adalah membangkitkan kembali silat cingkrik 

Acara ini berlangsung meriah meskipun lokasi acara berada di tengah jalan Rawa Belong  hingga menutup akses jalan dari Palmerah ke Rawa Belong.

Tak hanya menampilkan atraksi silat cingkrik, acara ini juga terdapat 125 stan makanan dan minuman khas Betawi yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Sekjen acara Seni dan Budaya Kampung Silat Rawa Belong, Harri Roosa mengatakan acara ini merupakan karya anak-anak muda Rawa Belong untuk mempromosikan seni dan budaya yang ada di Rawa Belong. Salah satunya yaitu silat cingkrik.

"Tujuannya kita mempererat tali silaturahmi antar perguruan silat seJabodetabek khususnya Jakarta, selain itu fokus kami ingin mengangkat bahwa memang Rawa Belong barometer silat Jakarta," kata Harri Roosa, Sabtu (12/10/2019).

Acara yang digadang-gadang baru pertama kali digelar ini, merupakan bentuk keinginan warga masyarakat khususnya warga Rawa Belong agar kesenian dan budaya silat cingkrik tetap eksis meskipun ditengah perkembangan zaman.

Bahkan menurut Harri, acara ini sepenuhnya dari dana swadaya yang dilakukan oleh masyarakat, dan dipilihnya lokasi di Jalan Rawa Belong karena ingin memperkenalkan warga jika disitulah Rawa Belong berada.

"Nggak, anggaran itu swadaya masyarakat Rawa Belong, perguruan, beberapa tokoh masyarakat Betawi, udah itu aja," katanya.

Meski acara ini sempat menutup akses jalan selama satu hari dari pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB, Harri menuturkan Pemerintah Kota dan Pemprov DKI sangat mendukung kegiatan ini. Walaupun belum ada anggaran dari pemerintah yang diberikan.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved