Berita Video

VIDEO: Joko Anwar Ceritakan Lika-liku Pembuatan Film Perempuan Tanah Jahanam yang Ditulis 10 Tahun

"Akhirnya saya menemukan daerah di Jawa Timur berdasarkan informasi dari pecinta alam yang pernah melewati tempat itu," ungkap Joko.

VIDEO: Joko Anwar Ceritakan Lika-liku Pembuatan Film Perempuan Tanah Jahanam yang Ditulis 10 Tahun
Tangkap layar YouTube
Film horor Perempuan Tanah Jahanam yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar. 

Sutradara Joko Anwar lega akhirnya film Perempuan Tanah Jahanam bakal tayang pada 17 Oktober 2019. Ia menyebut, proses pembuatan film itu berlangsung cukup panjang.

"Ini film yang sudah saya persiaplan sejak 10 tahun lalu. Sejak 2009 sebenarnya mau saya buat tapi sempat saya tahan karena film ini butuh estetika khusus," ungkap Joko Anwar saat press screening film Perempuan Tanah Jahanam di bioskop XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (10/9).

Usai naskah diselesaikan, Joko kembali dihadapkan pada masalah pemilihan pemain. Proses casting pun dilakukan hingga berhasil menjaring para pemain seperti Tara Baso, Marissa Anita, Ario Bayu dan sejumlah pemain lainnya.

"Termasuk saat mengajak dan menyakinkan Christine Hakim agar dia mau ikut di film ini," imbuhnya.

Ketika menentukan lokasi syuting, Joko sempat merasa kesulitan.

Sebab, untuk mencapai tingkat kengerian tertinggi, Joko menilai syuting harus dilakukan di lokasi terpencil yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk syuting film.

"Akhirnya saya menemukan daerah di Jawa Timur berdasarkan informasi dari pecinta alam yang pernah melewati tempat itu," ungkap Joko.

Bahkan, para kru harus membuka jalur untuk bisa sampai ke lokasi itu.

"Kita harus menempuh dua jam masuk ke dalam lokasi itu," sebut Joko.

"Untuk setting tempatnya memang untuk mendukung atmosfer serta agar tidak berisik. Di dalam hutan kami bangun rumah untuk mendukung syuting. Bahkan sampai sekarang rumah itu masih ada dan digunakan untuk perpustakaan. Namanya perpustakaan rimba," ujarnya.

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film kerja sama antar studio produksi yang berpusat di Indonesia (Rapi Film dan Logika Fantasi), Hollywood (Base Entertainment dan Ivanhoe Pictures) dan Korea Selatan (CJ Entertainment).

Michael Hogan dari Ivanhoe Picture mengungkapkan, pihaknya akan mencoba menjalin komunikasi dengan para distributor film dunia agar film Perempuan Tanah Jahanam bisa tayang di berbagai negara.

"Film ini adalah kisah otentik Indonesia dengan tema yang universal. Film ini mempunyai data tarik karakter wanita yang kuat," imbuhnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved