Edukasi Keselamatan dan Pencegahan dalam Kompetisi, IFRC ke-6 Digelar di STPI Curug

Edukasi Keselamatan dan Pencegahan dalam Kompetisi, IFRC ke-6 Digelar di STPI Curug

Edukasi Keselamatan dan Pencegahan dalam Kompetisi, IFRC ke-6 Digelar di STPI Curug
Istimewa
Ketua STPI Curug, Capt Novyanto di auditorium STPI Curug, Tangerang, Kamis (10/10/2019). 

Kompetisi yang juga menjadi ajang pembelajaran pencegahan dan penanganan keselamatan insiden, Indonesian Fire and Rescue Competition (IFRC) ke-6 akan diadakan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Curug, Tangerang.

Ketua STPI, Capt Novyanto menerangkan, IFRC yang sudah rutin digelar setiap tahun ini akan dimulai pada 12 Oktober sampai 19 Oktober 2019.

"Konsep challenge bukan berarti kompetisi, namun lebih sebagai upaya belajar dari yang lain. IFRC untuk mempromosikan pencegahan cidera, melalui edukasi dan kesiapsiagaan bagi semua tim dengan memperkenalkan konsep tingkat nasional dan internasional," kata Novyanto dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (10/10/2019).

Dalam IFRC yang diadakan di STPI ini, terdapat perlombaan baru yaitu Aircraft Rescue and Fire Fighting (ARFF).

Total perlombaan yang diadakan pun menjadi 8 jenis lomba yang melibatkan 21 tim dari industri pertambangan dan mineral.

Adapun kompetisi yang dilaksanakan adalah Aircraft Rescue and Fire Fighting (ARFF), Water Rescue, High Angle Rescue, Structural Fire Fighting, Road Accident Rescue, Collapse Structure Search and Rescue, Firefighter Combat Challenge, dan Fire Fighter Competency Test.

"Kompetisi ini akan dinilai oleh tim assesor dari profesional dari Indonesia, Australia, Amerika Serikat, Amsterdam, South Africa dan United Kingdom," ungkap Novyanto.

Jika tidak berhalangan, IFRC ke-6 nantinya akan dibuka oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Budi Karya Sumadi di lapangan Perwira Angkasa STPI pada 12 Oktober 2019.

"Harapan dari kegiatan ini selain mengenalkan konsep challenge dan rescue, mengedukasi masyarakat tentang safety juga dapat menambah peserta agar lebih termotivasi untuk perusahaan dan tempat kerja masing masing," katanya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved