BERITA VIDEO

VIDEO : Ruang Udara di Atas Kepulauan Riau Kembali ke Indonesia

Pemerintah Singapura bersepakat mengembalikan pengelolaan ruang udara Kepulauan Riau kepada Pemerinta Indonesia

Indonesia dan Singapura kembali berkomitmen untuk memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara.

Sejumlah kesepakatan berhasil dicapai saat Annual Leaders Meeting antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong di The Istana, Singapura, Selasa (8/10//2019).

Presiden Jokowi, dalam pernyataan pers bersama usai pertemuan, menyampaikan sejumlah kesepakatan yang berhasil dicapai kedua negara.

Presiden RI Joko Widodo salami Perdana Menteri Lee Hsien Loong di The Istana, Singapura, Selasa (8/10//2019) 
 setelah Annual Leaders Meeting.
Presiden RI Joko Widodo salami Perdana Menteri Lee Hsien Loong di The Istana, Singapura, Selasa (8/10//2019) setelah Annual Leaders Meeting. (Biro Pers/Setpres - Laily Rachev)

Pertama, Indonesia menyambut baik kesepakatan kedua negara mengenai Framework for Negotiation of FIR Realignment, yang ditandatangani 12 September 2019 lalu.

Terkait hal tersebut, tim teknis kedua negara telah memulai pertemuan pada 7 Oktober dan diharapkan dapat segera membuahkan hasil konkret.

Pengelolaan ruang udara atau flight information region (FIR) wilayah Kepulauan Riau (Kepri) selama ini dikuasai oleh Singapura.

Dalam konvensi International Civil Aviation Organization pada 1944 diputuskan bahwa Singapura dan Malaysia dibri kepercayaan untuk mengelola FIR Kepri.

Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong saksikan penandatanganan sejumlah kesepakatan di The Istana, Singapura, Selasa (8/10//2019).
Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong saksikan penandatanganan sejumlah kesepakatan di The Istana, Singapura, Selasa (8/10//2019). (Biro Pers/Setpres - Laily Rachev)

Saat itu kedua negara jiran ini masih menjadi bagian dari kekuasaan Inggris.

Pengendalian ruang udara ini dikelola Singapura yang saat itu masih koloni Inggris dianggap karena negara itu memiliki peralatan dan sumber daya manusia.

Dengan kesepakatan ini, pengendalian ruang udara Kepualauan Riau kembali ke Indonesia.

Halaman
12
Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved