Fintech

Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, UangTeman Ingin Tekan Kredit Bermasalah

PT Digital Alpha lndonesia (UangTeman) menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger untuk memperkuat manajemen resiko perusahaan.

Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, UangTeman Ingin Tekan Kredit Bermasalah
Istimewa
Manajemen UangTeman berbincang-bincang dengan perwakilan dari Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger usai penandatanganan dokumen kerja sama pengelolaan data nasabah di kantor UangTeman, Gedung Pakowon Tower, Jakarta, Selasa (8/10/2019). 

Nantinya data calon nasabah yang mengajukan pinjaman ke UangTeman akan diverifikasi oleh data BPJS Ketenagakerjaan terkait sejumlah aspek seperti Nomor Induk Kependudukan, alamat KTP, dan lainnya.

PT Digital Alpha lndonesia (UangTeman) menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger untuk memperkuat manajemen resiko perusahaan.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh CEO UangTeman Aidil Zulkifli bersama Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger Dani Santoso di kantor UangTeman, Gedung Pakowon Tower, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

CEO dan Co-Founder UangTeman Aidil Zulkifli mengatakan, kerja sama ini bertujuan memperkuat risiko penilaian kredit melalui pengecekan data peminjam yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.

Rp 1 Triliun Siap Disalurkan UangTeman.com ke Nasabah

Fintech P2P Lending Dapat Izin dari OJK untuk Kolaborasi dan Akuisisi Multifinance

Ini Alasan Sinergi Fintech dan Perbankan Tidak Bisa Dihindari

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger Dani Santoso (kedua dari kiri) dan CEO UangTeman Aidil Zulkifli bersalaman usai menandatangani dokumen kerja sama pengelolaan data nasabah di kantor UangTeman, Gedung Pakowon Tower, Jakarta, Selasa (8/10/2019).
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger Dani Santoso (kedua dari kiri) dan CEO UangTeman Aidil Zulkifli bersalaman usai menandatangani dokumen kerja sama pengelolaan data nasabah di kantor UangTeman, Gedung Pakowon Tower, Jakarta, Selasa (8/10/2019). (Istimewa)

“Melalui kerja sama ini, kami bisa meningkatkan kemampuan analisis Credit Machine UangTeman, sehingga penilaian kelayakan kredit yang dilakukan bisa lebih akurat, tepat sasaran, dan semakin meminimalkan resiko bisnis UangTeman,” ujar Aidil di Pakuan Tower, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Dengan peningkatan kemampuan analisis kredit ini, Aidil menargetkan penyaluran pinjaman yang dilakukan oleh UangTeman semakin akurat dan mengurangi resiko kegagalan bayar pinjaman dari nasabah.

Hal itu juga sejalan dengan komitmen UangTeman untuk menyalurkan pinjaman dengan cara  yang bertanggungjawab secara sosial (responsible ending).

“Kerja sama ini merupakan bagian dari wujud nyata dukungan kami kepada pemerintah dalam rangka menciptakan ekosistem bisnis di sektor fintech yang lebih sehat dan tepat guna bagi masyarakat,” ujar Aidil.

Sejak berdiri 5 tahun lalu, UangTeman telah menyalurkan lebih dari 300 ribu pinjaman dengan total penyaluran dana mencapai lebih dari Rp 500 miliar.

“NPL (kredit bermasalah) kami masih dibawah 5 persen. Jadi, 95 persen nasabah kami taat bayar,” tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved