Hujan

Bendung Katulampa Siaga 3, Wali Kota Jaksel Instruksikan Seluruh Pejabat Waspada

Bendung Katulampa Siaga 3, Wali Kota Jaksel Instruksikan Seluruh Pejabat Waspada. Hujan Pertama Guyur Jakarta

Bendung Katulampa Siaga 3, Wali Kota Jaksel Instruksikan Seluruh Pejabat Waspada
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali 

Hujan deras yang terjadi di wilayah Bogor dan Depok serta sebagian besar wilayah Ibu Kota pada Selasa (8/20/2019) malam memicu kenaikan debit air Sungai Ciliwung.

Status Bendung Katulampa pun meningkat hingga Siaga 3 pada pukul 18.30 WIB.

Bersamaan dengan informasi kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Ciliwung yang disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta,  Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali menginstruksikan seluruh jajaran untuk mewaspadai potensi banjir yang mungkin terjadi di sejumlah wilayah lintasan Sungai Ciliwung pada tengah malam.

Wilayah Jakarta Selatan yang dikhawatirkan mengalami banjir antara lain, Srengseng Sawah di Kecamatan Jagakarsa, Pejaten Timur di Kecamatan Pasar Minggu.

Selain itu, wilayah Rawa Jati, Pengadegan dan Cikoko di Kecamatan Pancoran serta Kebon Baru dan Bukit Duri di Kecamatan Tebet.

"Mohon perhatian para Kasudin dan Kasuban terkait, serta para camat dan para lurah, terkait hujan malam ini di beberapa kecamatan di Jakarta selatan, perhatikan tali-tali air, drainase, saluran penghubung dan seterusnya, perhatikan tanggul-tanggul di lokasi rawan," ungkapnya dalam pesan singkat pada Selasa (8/10/2019) malam.

Tidak hanya itu, Marullah pun menegaskan kepada seluruh jajarannya untuk memperhatikan tumpukan sampah, melakukan pemeriksaan terhadap mesin pompa air, menjalankan tahapan antisipasi datangnya musim penghujan sesuai dengan standar prosedur operasi serta memperhatikan sejumlah pohon rawan tumbang.

"Selamat bekerja semoga sukses," tutupnya mengakhiri instruksi.

Diketahui sebelumnya, hujan deras yang terjadi di wilayah selatan Ibukota menyebabkan kenaikan TMA secara signifikan di Bendung Katulampa. Tercatat, siaga 4 ditetapkan saat kenaikan TMA mencapai 70 cm pada Pukul 18.00 WIB.

Hanya berselang sekitar 20 menit, tepatnya pukul 18.20 WIB, TMA Bendung Katulampa dilaporkan mencapai 130 cm atau Siaga 3.

Hujan yang terus terjadi memicu kenaikan TMA Bendung Katulampa hingga 150 cm pada pukul 18.30 WIB, sehingga diperkirakan banjir kiriman akan mencapai Ibu Kota sekitar enam jam ke depan atau Rabu (9/10/2019). 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved