Berita Video

VIDEO: Toko Saruga di Bintaro Tidak Sediakan Plastik, Pelanggan Sebut Harus Dimulai Diri Sendiri

Konsep itu langsung mendapat respon positif dari beberapa pelanggan yang sengaja berbelanja sekaligus berkontribusi dalam penggunaan kantong ramah lin

VIDEO: Toko Saruga di Bintaro Tidak Sediakan Plastik, Pelanggan Sebut Harus Dimulai Diri Sendiri
Warta Kota
Suasana Toko Saruga Wartakota/Rizki Amana 

Limbah plastik menjadi masalah yang terus menjadi sorotan publik karena imbasnya terhadap lingkungan hidup.

Bergerak dari isu tersebut, Saruga sebuah toko yang menjual kebutuhan rumah tangga menawarkan konsep kepada masyarakat untuk menggantikan penggunaan kantong plastik menjadi kantong ramah lingkungan bagi setiap konsumennya. 

Konsep itu langsung mendapat respon positif dari beberapa pelanggan yang sengaja berbelanja sekaligus berkontribusi dalam penggunaan kantong ramah lingkungan. 

"Biar enggak make si plastik intinya. Makanya kita bawa tempat sendiri untuk mengisi belanjaananya. Ini usaha saya untuk mengurangi plastik," ucap Suci saat sedang berbelanja di Saruga Pack Free Store, Bintaro, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Ia mengaku, peralihan dirinya dalam penggunaan kantong plastik baru dilakukan beberapa waktu belakangan ini.

VIDEO: Faisal Basri Sebut Jokowi Wajib Ganti Ignasius Jonan

Dirinya tergerak untuk menggunakan katong ramah lingkungan disebabkan banyakan pemeberitaan akan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh banyaknya penggunaan kantong plastik terutama hasil limbah rumah tangga. 

"Aku sudah mulai kenceng (penggunaan kantong ramah lingkhngan). Karena  banyak plastik yang ada di laut, terus sampah-sampah plastik yang mennumpuk. Itu juga pengaruh ke tanah kita, masuk ke air terus akhrinya bahaya juga buat kesehatan kita. Jadi, ini usaha aku buat menggunakan plastik lebih sedikit," katanya sembari memilih barang belanjanya. 

VIDEO: Dirut BPJS Kesehatan Jelaskan Soal Defisit Anggaran Mereka

Senada dengan Suci, Sri salah satu pelanggan Saruga menyatakan yang sama untuk memerangi penggunaan kantong plastik secara berlebihan. 

Menurutnya, konsep toko seperti Saruga perlu diperbanyak lagi karena dapat menjaga lingkungan dari pencemaran limbah plastik. 

"Ini lebih bisa menjaga lingkungan karena tidak banyak membuang sampah plastik," ucapnya sesusai berbelanja di Saruga.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved