Pencurian

Komplotan Pemuda Pencuri Asal Karawang Jawa Barat Incar Perkakas Pabrik di Cikarang Bekasi

KOMPLOTAN pencuri asal Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggasak perkakas pabrik di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Komplotan Pemuda Pencuri Asal Karawang Jawa Barat Incar Perkakas Pabrik di Cikarang Bekasi
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Komplotan pencuri menggasak perkakas pabrik di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019). Kawanan pencuri itu berasal dari Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

KOMPLOTAN pencuri asal Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggasak perkakas pabrik di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Salah satu anggota komplotan pencuri di Bekasi tersebut adalah JO, pemuda berusia 32 tahun.

JO dan kawan-kawan ini mencuri peralatan pabrik di sebuah gudang, Selasa (8/10/2019) dini hari.

Kapolsek Cikarang Selatan, Kompol Dona Harefa, mengatakan tersangka membobol gudang PT Pijar Berkah Utama yang berada di Kampung Kukun RT 08/04 Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan, Bekasi.

JO beraksi dengan cara merusak dinding pabrik yang terbuat dari spandek menggunkan peralatan yang dibawa.

JO ditangkap polisi dan kini mendekam di tahanan Polsek Cikarang Selatan, Bekasi.

PEMBUNUH TERSADIS, Pria Lansia Ngaku Bunuh 93 Orang, Kenapa Semua Korbannya Wanita

"Jadi pelaku ini berjumlah empat orang, tiga berhasil kabur satu kami tangkap, setelah sebelumnya diamankan oleh warga dan penjaga pabrik," ujar Dona, Selasa (8/10/2019) pagi.

Dona menjelaskan aksi JO kepergok penjaga pabrik saat tengah berusaha menggondol satu unit mesin restifile 4.000 ampere.

Untuk mampu membawa barang itu mereka menggunakan yau dan tali tambang.

"Itu kan mesinnya lumayan berat, mereka berempat bawa itu pakai kayu dan tali tambang. Tapi keburu ketahuan sama penjaganya," ucap dia.

Untuk membuka mesin itu pelaku menggunakan sejumlah peralatan, yakni satu gunting besi, dua kunci ring, satu tank jepit, satu tank buaya dan satu buah kunci inggris.

"Memang sepertinya spesialis dan sudah ada yang mau belinya. Karena kalau dijual mesin itu senilai Rp 35 juta," ungkap dia.

Kini pelaku JO beserta barang bukti mesin restifile dibawa ke Polsek Cikarang Selatan untuk proses sidik lebih lanjut.

"Kami sedang melakukan pengejaran terhadap tiga tersangka lain. Identitas dan tempat persebunyian tersangka yang lain sudah kita kantongi. Semua pelaku asalnya dari daerah Batujaya, Kabupaten Karawang,” tandasnya.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, ancaman kurungan penjara paling lama 7 tahun. (MAZ)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved