Gara-gara Boeing 737 Max Tidak Boleh Terbang, Asosiasi Pilot Gugat Boeing Senilai Rp 1,4 Triliun

Pilot maskapai Southwest Airlines (LUV) telah menggugat Boeing lebih dari 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun, kurs Rp 14.000 per dollar AS

Gara-gara Boeing 737 Max Tidak Boleh Terbang, Asosiasi Pilot Gugat Boeing Senilai Rp 1,4 Triliun
adobe
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Pilot maskapai Southwest Airlines (LUV) telah menggugat Boeing lebih dari 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS).

Para pilot merasa dirugikan karena 737 Max yang dirumahkan.

Asosiasi Pilot Southwest Airlines mengeluhkan insiden 737 Max beberapa bulan lalu. Pilot- pilot itu mengklaim Boeing "sengaja" mengesampingkan pilot soal keselamatan pesawat, yang menyebabkan dua kecelakaan fatal dalam waktu kurang dari enam bulan.

Akibatnya, banyak ribuan pemesanan maupun penerbangan di banyak maskapai selain Boeing juga terkena imbasnya, termasuk Soutwest.

Jerawatan? Ini 15 Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami: Satu di Antaranya Pakai Es Batu

Hal tersebut mengakibatkan kurangnya peluang pilot untuk bekerja.

Menurut pengaduan yang disampaikan pilot-pilot tersebut, mereka telah kehilangan lebih dari 100 juta dollar AS sebagai kompensasi yang harusnya mereka terima.

"Sangat penting bagi Boeing untuk mengambil waktu yang diperlukan, untuk merakit 737 MAX menjadi layanan penerbangan yang aman," kata Presiden Serikat Pekerja Soutwest Asia Jonathan Weaks dikutip CNN, Selasa (8/10/2019) yang dilansir Kompas.com.

"Pilot kami seharusnya tidak terkena imbas dan mengalami kerugian finansial yang signifikan akibat kelalaian Boeing ini," katanya.

Southwest sangat terpukul karena pihaknya merupakan operator terbesar pesawat 737 MAX.

Toko Kopi Bubuk Bapak Ook, Tetap Eksis Ditengah Gempuran Kopi Kekinian: Ini Lokasinya

Hal tersebut menyebabkan 30.000 penerbangan Soutwest dieliminasi, berkontribusi terhadap penurunan sekitar delapan persen dalam layanan penumpang maskapai pada akhir 2019.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved