Mahitala Unpar

Ekspedisi Caving Mahitala Unpar 2019 Ungkap Goa Misteri di Halmahera Tengah, 6 Tahun Tak Terjamah

Enam tahun tersembunyi sejak ditemukan, goa misterius berbentuk sumuran diungkap Ekspedisi Caving Mahitala Unpar di Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Ekspedisi Caving Mahitala Unpar 2019 Ungkap Goa Misteri di Halmahera Tengah, 6 Tahun Tak Terjamah
Dok.Mahitala Unpar/Vitalis Viant
Tim Ekspedisi Caving Mahitala Unpar 2019 menuruni sinkhole yang disebut goa misteri oleh warga Tobelo Dalam di pedalaman Taman Nasional Halmahera Tengah, Maluku Utara. 

Enam tahun setelah pertama kali ditemukan tersembunyi di tengah lebatnya hutan Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, goa misterius berbentuk sumuran berhasil ditelusuri tim Ekspedisi Caving Mahitala Unpar di Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Tim beranggota tiga anggota aktif Mahitala Unpar dari Bandung ditemani beberapa penduduk setempat dan petugas jagawana menyusuri perbukitan karst di kawasan TNAL sekitar sepuluh hari pada 31 Juli sampai 8 Agustus 2019 lalu. 

Kepada Warta Kota, ketua tim Fairuz Nafis menceritakan pengalamannya bersama Andika Wilmar dan Vitalis Viant menyusuri goa-goa di Halmahera Tengah.

Ekspedisi tersebut merupakan bagian dari program pengembaraan bagi anggota muda yang baru bergabung dengan Mahitala Unpar.

Tim Ekspedisi Caving Mahitala Unpar 2019
Tim Ekspedisi Caving Mahitala Unpar 2019 (Dok Mahitala Unpar)

DEGUP jantung begitu terasa di dada.

Rasa gembira bercampur haru meruak menguasai tubuh kami.

Senyum kecil tersungging terus di bibir.

Tidak biasanya, malam itu terasa sangat mengesankan.

Halaman depan Sekretariat Mahitala Unpar di Ciumbuleuit ramai oleh teman-teman yang hendak melepas kami pergi ke Maluku melaksanakan penelusuran goa di Taman Nasional Aketajawe-Lolobata.

Hampir tiga bulan kami persiapkan diri untuk melaksanakan ekspedisi ini dengan target menemukan goa tanpa nama yang disebut warga setempat sebagai goa misteri.

Halaman
1234
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved