ASN Cerai

Ada 21 ASN Kabupaten Bogor Ajukan Gugatan Cerai, Penyebab Dominan Masalah Ekonomi

Ada 21 ASN Kabupaten Bogor Ajukan Gugatan Cerai. Bupati Hanya Keluarkan Izin untuk Permohonan Gugatan Cerai. Penyebab paling dominan masalah ekonomi

Ada 21 ASN Kabupaten Bogor Ajukan Gugatan Cerai, Penyebab Dominan Masalah Ekonomi
pexels
Ilustrasi cerai 

Bupati Bogor, Ade Yasin yang menyatakan rasa keprihatinannya terkait maraknya Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bogor yang mengajukan gugatan cerai pada tahun  2019.

Melalui Kasubbid Pembinaan Pegawai pada Bidang Pembinaan dan Pengembangan Karir (Bangrir) pada BKPP Kabupaten Bogor, Muhamad Zulfikar, ketika dihubungi, mengakui bahwa memang betul yang diutarakan Ibu Bupati Bogor, bahwa sekarang ada sekitar 21 ASN yang mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Bogor.

"Datta yang tercatat bila ASN yang mengajukan cerai tahun 2019 ini ada sebanyak 21 orang. Data sampai akhir September ada 21 orang," kata Muhammad Zulfikar, Senin (7/10/2019)

Menurutnya, ASN yang mengajukan gugatan cerai itu mulai dari kalangan PNS sampai yang telah berumur.

"Artinya permohonan cerai ini tidak melihat usia. Jadi memang yang sudah berumur ada, yang masih muda juga ada.

Untuk jenis kelaminnya saya bisa kasih persentase nya tapi kalau umur tidak ya rinciannya. Untuk laki-laki 24 persen dan perempuan 76 persen," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Zul itu menambahkan, alasan 21 ASN itu mengajukan cerai ditenggarai karena masalah ekonomi dalam rumah tangganya tersebut.

"Penyebabnya itu paling besar karena masalah ekonomi. Jadi awalnya mungkin dari ekonomi, lalu ujung-ujungnya ke perselisihan. Banyaknya si ke perselisihan," bebernya.

Sejauh ini, lanjutnya, pengajuan permohonan perceraian itu masih dalam proses di pengadilan agama Kabupaten Bogor.

Sementara, bagi ASN yang mengajukan gugatan tersebut harus terlebih dulu meminta perijinan dari Bupati Bogor.

"Jadi Ibu Bupati itu bukan mengabulkan proses perceraiannya. Tapi mengabulkan izin untuk melakukan perceraian.

Mengeluarkan izin untuk melakukan perceraian di pengadilan agama. Terlepas sudah selesai secara hukum atau belum, itu kita serahkan ke pengadilan agama," kata Zul.

Sekadar diketahui, Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, sejak dilantik dirinya menjadi orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman dirinya sudah menandatangani sekitar 21 surat permohonan izin cerai bagi para ASN dilingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bogor. 

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved