Birokrasi

Ketua DPRD Depok: Permudah Pengurusan IMB Rumah Ibadah

Politisi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akan mendesak Pemerintah Kota Depok untuk membenahi perizinan pembangunan rumah ibadah.

Ketua DPRD Depok: Permudah Pengurusan IMB Rumah Ibadah
Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad 

Banyaknya rumah ibadah yang tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), mengundang keprihatinan Ketua DPRD Depok TM Yusufsyah Putra.

Politisi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu  akan mendesak Pemerintah Kota Depok untuk membenahi perizinan pembangunan rumah ibadah di Depok.

Putra mengatakan akan berkoordinasi dengan Walikota Depok Mohammad Idris Abdul Somad dan dinas terkait masalah itu.

"Saat ini kami belum mendata dan belum tahu kesulitan rumah ibadah dalam membuat izin pembangunan," kata Putra, saat ditemui dalam Deklarasi Tim Sukses Imam Budi Hartono di Soerabi Cafe, Jalan Margonda, Beji, Depok, Minggu (6/10/2019).

Pemkot Depok Diimbau Permudah Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan Rumah Ibadah!

Putra mengatakan, setelah bertemu dengan Walikota Depok, diharapkan Pemkot bisa mencari jalan keluar masalah perizinan pembangunan rumah ibadah itu.

"Kita tanyakan kesulitannya apa dalam membuat IMB, nanti saya tanyakan ke Walikota, kalau bisa didata semua masjid dan rumah ibadah yang belum memiliki IMB," ujar pria yang menjabat sebagai Sekretaris Umum DPD PKS Depok itu.

Bebas Retribusi IMB

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Depok mencatat, hanya 83 masjid dan 25 gereja di Kota Depok yang memiliki IMB, sedangkan ratusan rumah ibadah lain berdiri tanpa IMB.

Padahal, terhitung mulai tahun 2018, Pemkot Depok telah membebaskan retribusi bagi pengurusan IMB rumah ibadah.

Ratusan Rumah Ibadah di Kota Depok Tak Memiliki Izin Mendirikan Bangunan

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Depok Yulistiani Mochtar mengatakan, digratiskannya pengurusan IMB tempat ibadah karena bagian dari fungsi sosial.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved