Histori

Perjuangan LB Moerdani dan Anak Buahnya Tangkap Agen KGB di Indonesia, Libatkan Anak Istri

Salah satu prestasinya adalah keberhasilannya dalam membekuk agen dari intelijen Rusia yang sedang beraksi di Indonesia.

Perjuangan LB Moerdani dan Anak Buahnya Tangkap Agen KGB di Indonesia, Libatkan Anak Istri
intisari
Mata-mata Rusia di Indonesia berhasil ditangkap Bakin 

Prestasi membanggakan Kepala Bakin Jenderal LB Moerdani bekuk agen intelijen Rusia

Pada 1980 silam, Badan Koordinasi Intelijen Negara (Bakin) yang dipimpin oleh Jenderal LB Moerdani menorehkan sejumlah prestasi yang membanggakan.

Salah satu prestasinya adalah keberhasilannya dalam membekuk agen dari intelijen Rusia yang sedang beraksi di Indonesia.

Agen Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) Rusia pada waktu itu bernama Alexander Pavlovich Finenko (36 tahun), manajer perwakilan Perusahaan Penerbangan Aeroflot yang beroperasi di Indonesia.

Soal Maraknya Demo di Tanah Air, Suhendra: Intelijen Harus Bekerja Efektif

Pada masa itu karena perang dingin sedang memanas, Indonesia yang sangat dikenal antikomunis, menjadi sasaran utama para agen KGB.

Sebaliknya, agen-agen KGB atau orang-orang Rusia yang sedang berada di Indonesia juga mendapat perhatian khusus dari Bakin.

Finenko mulai dimonitor secara ketat oleh Bakin, salah satu tekniknya adalah dengan penyadapan telepon, saat agen KGB itu mengontak sumbernya, yakni Letkol Susdaryanto

Sebagai perwira TNI AL yang bertugas pada Dinas Pemetaan Angkatan Laut, data-data kelautan yang bisa diakses Letkol Susdaryanto menjadi target yang sangat penting bagi KGB.

Susdaryanto, kendati merupakan perwira yang cerdas dan pernah di sekolahkan di AS mudah direkrut KGB paling tidak karena dua alasan.

Pertama karena faktor uang dan kedua karena faktor karier.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved