Ketum PSSI

Ini Alasan KP PSSI Loloskan La Nyalla Mattalitti ke Bursa Pencalonan Ketum PSSI

Komite Pemilihan (KP) PSSI bakal mendalami masalah hukum yang pernah menjerat La Nyalla Mattalitti selaku salah satu calon Ketua Umum PSSI.

Ini Alasan KP PSSI Loloskan La Nyalla Mattalitti ke Bursa Pencalonan Ketum PSSI
Bolasport.com
La Nyalla Mahmud Mattaliti Saat menjadi Ketum PSSI di era 2015 

La Nyalla Mattalitti kembali maju menjadi calon Ketua Umum PSSI.

La Nyala Mahmud Mattaliti yang baru terpilih sebagai Ketua DPD RI telah resmi masuk dalam daftar Bakal Calon Ketum PSSI yang diumumkan Komite Pemilihan pada Jumat (4/10/2019).

La Nyala Mahmud Mattaliti  akan bersaing dengan sembilan bakal calon Ketum PSSI lainnya yang telah masuk daftar Komite Pemilihan. 

Komite Pemilihan (KP) PSSI bakal mendalami masalah hukum yang pernah menjerat La Nyalla Mattalitti selaku salah satu calon Ketua Umum PSSI.

La Nyalla Mattalitti pernah tersandung korupsi dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2011-2014 ketika dia menjabat sebagai Ketua Kadin Jawa Timur.

Namun dia dinyatakan tak bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor pada Desember 2016 meski La Nyalla Mattalitti pernah ditahan di Rutan Salemba karena masalah tersebut.

Padahal, salah satu syarat untuk maju bursa pencalonan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif (Exco) PSSI adalah bebas dari status terpidana pengadilan.

Itu merupakan satu dari enam syarat yang ditetapkan KP PSSI untuk Kongres Luar Biasa periode 2019-2023.

"Aturannya tidak boleh terlibat pidana, lalu ukurannya dari keterangan pengadilan," kata Syarif Bastaman kepada wartawan, Jumat (4/10/2019).

"Jadi kami harus menghormati Yuridiksi institusi yang sah. Jadi kalau menurut pengadilan bahwa orang tersebut tidak pernah atau tidak sedang menjalani pidana ya kami terima," ujarnya menambahkan.

La Nyala Mahmud Mattaliti Nyalon Ketum PSSI Lagi, Bersaing dengan Iwan Bule

Bila Terpilih Jadi Ketum PSSI, Iwan Bule Bakal Gandeng Pemerintah

Sebanyak 10 Nama Orang Berikut Ini Masuk jadi Bakal Calon Ketua Umum PSSI

Terkait La Nyalla Mattalitti lagi Syarif mengaku belum meneliti lebih lanjut.

Dia berjanji akan melihat dokumen soal status hukum dari eks Ketua Umum PSSI itu.

"Ya kalau pengadilan mengatakan tidak kan saya tidak bisa apa-apa. Jadi harus ada keterangan dari pengadilan yang mengatakan orang yang bersangkutan bebas dari tindak pidana," tutur Syarif.

"Tak boleh berasumsi, harus lihat dari institusinya jadi kalau kabar dan dokumen legal kadang-kadang juga tidak sesuai," ucapnya.

"Pedoman kami sangat konservatif dan sangat normatif. Kami lihat dari dokumen pengadilannya," katanya lagi.

Editor: Murtopo
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved