Tanaman Langka

Tumbuh di Halaman SDN Kota Bekasi, Bunga Bangkai Itu Jenis Amorphophallus Paeoniifolius

Tumbuh di Halaman SDN Kota Bekasi, Bunga Bangkai Itu Jenis Amorphophallus paeoniifolius dan masuk kategori tanaman langka

Tumbuh di Halaman SDN Kota Bekasi, Bunga Bangkai Itu Jenis Amorphophallus Paeoniifolius
Warta Kota/Muhammad Azzam
Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Paeoniifolius. Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi langsung melakukan pemagaran besi terhadap tanaman mirip bunga bangkai di SD Negeri Kayuringin Jaya II, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi memastikan tanaman mirip bunga bangkai yang tumbuh di halaman SD Negeri Kayuringin Jaya II, Bekasi Selatan, Kota Bekasi itu termasuk sejenis tanaman bunga bangkai.

"Setelah ditelusuri dan ditanyakan ke pihak konservasi tanaman itu termasuk tanaman bunga bangkai, tanaman yang langka," ujar Kasi Pemeliharaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Ricar Widadang, dilokasi sekolah, Jumat (4/10/2019).

Untuk jenisnya, Ricar menyebut bunga bangkai yang ada di halaman SDN Kayuringin Jaya II itu jenis Amorphophallus paeoniifolius.

Bunga bangkai jenis Amorphophallus paeoniifolius itu dapat tumbuh hingga lebih dari 2 meter.

Kemudian tanaman itu dapat mengeluarkan bau tak sedap empat tahun sekali.

"Maka kami akan terus komunikasi dan koordinasi dengan lembaga konservasi tanaman untuk pelajari lebih dalam tentang tanaman itu termasuk juga cara perawatannya," jelas dia.

Meskipun masuk dalam kategori langka, kata Ricar, pihaknya belum ada rencana untuk memindahkan lokasi itu ke tempat yang lebih aman seperti Hutan Kota Bekasi.

Hal itu dikhawatirkan justru akan membuat bunga bangkai itu mati tidak tumbuh lagi.

"Memang kurang cocok kalau ada di SD gini, bagusnya ada di Hutan Kota Bekasi. Tapi ya gimana jika kita pindahkan nanti mati. Makanya kita pagari dan minta pihak sekolah menjaganya," kata dia.

Sementara Lurah Kayuringin, Ricky Suhendar mengatakan untuk menjaga bunga bangkai itu pihaknya akan mengerahkan petugas keamanan.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved