Kementerian Perhubungan Bakal Bangun Pelabuhan di Ibu Kota Baru

Kalimantan Timur Jadi Ibukota, Kementerian Perhubungan Bangun Pelabuhan di Kota Baru.

Kementerian Perhubungan Bakal Bangun Pelabuhan di Ibu Kota Baru
istimewa
Suasana penandatanganan perjanjian konsensi antara Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIl Kotabaru-Batulicin, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan dengan PT Pelabuhan Swangi Indah yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelabuhan Swangi Indah, Krismarsyaf Tambia di Jakarta pada Jumat (4/10/2019) 

Penetapan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru, persiapan pembangunan tengah dilakukan pemerintah pusat. Salah satunya adalah pembangunan pelabuhan baru di Kota Baru, Batu Licin Kalimantan Selatan.

Pembangunan tersebut ditandai dengan penandatangan perjanjian konsensi antara Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIl Kotabaru-Batulicin, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan dengan PT Pelabuhan Swangi Indah yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelabuhan Swangi Indah, Krismarsyaf Tambia di Jakarta pada Jumat (4/10/2019)

Greg Nwokolo: Madura United Siap Tempur Hadapi Persib Bandung Meski Banyak Pemain Sapee Kerab Absen

Wakil Wali Kota Tangsel Minta Kadisdik Usut Penahanan Ijazah Siswi SMP karena Belum Bayar Pungutan

SETELAH Jadi Anggota DPR, Terungkap Harta Kekayaan Krisdayanti sebagai Penyanyi Segini

Pembangunan pelabuhan tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kotabaru-Batulicin Capt M Hermawan karena lokasi pelabuhan berdampingan dengan Ibu kota baru.

Sehingga kerja sama tersebut diharapkannya dapat bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian nasional, khususnya kepada masyarakat sekitar.

"Besar harapan kami pula, melalui perjanjian ini dapat memberikan nilai positif pada peningkatan ekonomi sekitar, melalui penyerapan tenaga kerja, serta usaha mikro dan makro," ungkapnya dalam siaran tertulis pada Jumat (4/10/2019).

MIRIS, Bocah 12 Tahun Tanpa Baju Dikurung di Bekas Kandang Ayam, Begini Alasan Kedua Orangtuanya

Kawasan Kuliner Pasar Lama Ramai Pengunjung tapi Tempat Parkir Kurang Memadai

Warga Kritisi Respon Lamban Pihak Palyja Soal Air Warna-warni, Bingung Mengadu Ke Mana Lagi

Keberadaan pelabuhan katanya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional, mulai dari mikro hingga makro. Sehingga pembangunan dirasakan dapat membangun wilayah Kalimantan Selatan ke depannya.

Dirinya juga berharap, dengan hadirnya Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Swangi Indah akan menstimulus BUP swasta lainnya, khususnya dari Kalimantan Selatan untuk turut berinvestasi di bidang kepelabuhanan, khususnya di Pelabuhan Kotabaru-Batulicin.

"Terlebih saat ini kita ketahui Provinsi Kalimantan Selatan akan menjadi salah satu wilayah penopang Ibu Kota Baru yakni di Kalimantan Timur," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelabuhan Swangi Indah, Krismarsyaf Tamba menyebut perjanjian konsensi merupakan bentuk kepastian bagi swasta yang bergelut di bidang
kepelabuhan.

Warga Bandengan Utara Keluhkan Buruknya Kualitas Air Pasokan Palyja, Berwarna Berbau Berbusa

Ramai Pengunjung, Tempat Parkir Kawasan Kuliner Pasar Lama Kurang Memadai

Driver Gojek Okupasi Kawasan Strategis, Gojek Tegaskan Sanksi hingga Putus Kemitraan

"Perjanjian juga merupakan bukti adanya persaingan bisnis yang sehat, karena tidak ada monopoli dalam bisnis ini, siapapun swasta yang memiliki Badan Usaha Pelabuhan dapat mengembangkan bisnisnya dengan menggandeng pemerintah sebagai rekan bisnis," ungkap Krismarsyaf.

Dengan terjalinnya kerjasama lanjutnya, dapat membuka peluang bagi
pengusaha, khususnya putera daerah untuk mengembangkan bisnisnya di bidang usaha pelabuhan.

"Dan tentunya berimbas pada meningkatnya perekonomian masayarakat daerah setempat," imbuhnya.

Menurut Krismarsyaf, peran Pelabuhan saat ini sangat penting dan strategis dalam pertumbuhan industri dan perdagangan, serta merupakan suatu entitas usaha yang memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional. 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved