Tren Digitalisasi Ekonomi, APPUI Gelar Acara Indonesia Remittance Forum Ke-2

Asosiasi Penyelenggara Pengiriman Uang Indonesia (APPUI) menggelar acara Indonesia Remittance Forum 2 (IRF2) tahun 2019 dalam rangka memberikan

Tren Digitalisasi Ekonomi, APPUI Gelar Acara Indonesia Remittance Forum Ke-2
Istimewa
Tren Digitalisasi Ekonomi, APPUI Gelar Acara Indonesia Remittance Forum Ke-2 

WARTA KOTA,JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Pengiriman Uang Indonesia (APPUI) menggelar acara Indonesia Remittance Forum 2 (IRF2) tahun 2019 dalam rangka memberikan pengetahuan digital yang meluas kepada para anggotanya diantaranya terkait transfer dana, perkembangan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan teroris.

Ketua Umum APPUI, Eddy Hadiyanto, mengatakan dalam forum ini diadakan seminar yang mengundang Departemen Kebijakan Bank Indonesia, Departemen Kebijakan dan Ekonomi Moneter (DKIM) Bank Indonesia, Departemen Kebijakan dan Sistem.Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia provinsi DKI, Pusdiklat PPATK

"Kami tidak ingin bicara mikro saja, dengan hadirnya DKIM kami ingin mendengar informasi mengenai bagaimana kondisi ekonomi global sekarang ini, apa perkiraan yang akan terjadi, bagaimana dampak terhadap remitansi ini," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

"Terkait kebijakan, dengan bermunculan digitalisasi ekonomi dengan teknologi-teknologi tentunya DKSP mulai melakukan evaluasi kembali apakah peraturan-peraturan yang sudah ada masih valid karena peraturan sudah lama dibuat dengan adanya teknologi yang berkembang saat ini apakah perlu dilakukan harmonisasi, kita ingin mendengar masukan-masukan kebijakan khususnya untuk kegiatan remitansi ini," ujarnya.

Dalam acara Indonesia Remittance Forum 2 - 2019 ini dilakukan penandatanganan Dukcapil oleh Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH beserta 20 anggota APPUI .

"Peranan dukcapil sangat penting bagi kami APPUI karena kami harus mengikuti peraturan Bank Indonesia mengenai APUPPT (Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Teroris), untuk mengikuti peraturan itu kami tentunya kami harus mengetahui siapa pengirim dan siapa penerima, jadi untuk itulah kami perlu melakukan pengecekan -pengecekan melalui data - data yang dimiliki dukcapil," paparnya.

Nicolas R Dharmawan Anggota Dewan Badan Pengawas APPUI sangat mengapresiasi pelaksanaan penandatangan dukcapil ini

"Mengucapkan selamat atas kerja sama APPUI dengan Dukcapil dalam IRF2 yang telah berlangsung lancar, Semoga kedepan lebih banyak penyelengara transfer dana yang bergabung dengan APPUI," pungkasnya.

Editor: Andy Prayogo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved