Permudah Pengecekan Data Anak, Disdik Kota Depok Ajak Disdukcapil Wajibkan Para Orang Tua buat KIA

Ada lima fungsi KIA yang dikatakan Diarmansyah, yakni untuk keperluan pesta demokrasi seperti pemilu, pelayanan publik, perencanaan pembangunan,

Permudah Pengecekan Data Anak, Disdik Kota Depok Ajak Disdukcapil Wajibkan Para Orang Tua buat KIA
Warta Kota
Ilustrasi Blanko Kartu Identitas Anak (KIA). 

Guna memberikan hak sipil pada anak-anak serta memermudah pengecekan data, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok mengimbau para orang tua untuk segera membuat Kartu Identitas Anak (KIA).

“Karena nantinya nomor induk siswa akan diganti jadi nomor induk kependudukan dan datanya pun langsung masuk ke Dapodik (Data Pokok Pendidikan),” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin saat dihubungi Wartakotalive.com melalui sambungan telepon, Kamis (3/10/2019).

Thamrin mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait pentingnya KIA untuk pendidikan sejak satu tahun lalu.

Meski tahun ini belum diterapkan wajib, namun Thamrin mengaku pihaknya akan melihat perkembangan ke depan apakah perlu di wajibkan sebagai syarat daftar masuk sekolah.

Thamrin mengatakan nantinya pihak Disdik akan melakukan rapat dengan sejumlah pihak seperti Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Dinas Dukcapil, dan elemen lainnya.

“Jika memang diharuskan maka akan kami wajibkan, kalau tahun ajaran ini sudah mulai menggunakan KIA namun bagi mereka yang memang sudah punya saja,” tutur Thamrin.

Kewajiban ini juga nantinya dikatakan Thamrin berpengaruh pada penilaian terhadap sekolah-sekolah di Kota Depok sebagai Sekolah Ramah Anak.

“Kami pun sudah jemput bola dengan mendatangi langsung ke sekolah-sekolah untuk mengimbau orang tua siswa terkait pentingnya KIA,” kata Thamrin.

Datangi kecamatan

Sementara itu, Kepada Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok, Diarmansyah, juga mengatakan hal yang sama.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved