Krisis Semenanjung Korea

Meski Dilarang PBB, Uji Coba Rudal Balistik Kapal Selam Korut Sukses, Kim Jong Un Berikan Selamat

Korut menggelar uji coba rudal balistik kapal selam terbarunya pada Rabu (2/10/2019) dan sukses seperti yang diharapkan.

Meski Dilarang PBB, Uji Coba Rudal Balistik Kapal Selam Korut Sukses, Kim Jong Un Berikan Selamat
AFP/KCNA/KNS via Kompas.com
Foto yang dirilis pada 2 Oktober 2019 oleh media resmi Korea Utara (KCNA) menunjukkan uji coba tipe terbaru rudal balistik kapal selam Pukguksong-3 di perairan Teluk Wonsan. 

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pun mengirimkan 'ucapan selamat yang hangat' kepada tim peneliti yang terlibat dalam uji coba rudal balistik kapal selama terbaru tersebut.

SEBUAH klaim kembali diluncurkan oleh Korea Utara (Korut) melalui media pemerintah KCNA, beberapa hari sebelum rencana perundingan dengan Amerika Serikat (AS) digelar.

Klaim itu menyatakan bahwa Korut menggelar uji coba rudal balistik kapal selam terbarunya pada Rabu (2/10/2019)  dan sukses seperti yang diharapkan.

"Tipe terbaru rudal balistik kapal selam diluncurkan secara vertikal," ulas KCNA seperti diberitakan AFP Kamis (3/10/2019).

Baru Sehari Nyatakan Akan Dialog dengan AS, Korut Tembakkan Rudal Balistik dari Kapal Selam

Gempa 2,1 Magnitudo Guncang Pyonggang, Diduga akibat Korut Aktifkan Lagi Situs Nuklir

Gambar yang diambil pada 24 Agustus 2019 dan dirilis 25 Agustus oleh kantor berita Korea Utara (KCNA) ini memperlihatkan Pemimpin Korut Kim Jong Un merayakan uji coba senjata peluncur roket berukuran besar di lokasi yang tidak diketahui.
Gambar yang diambil pada 24 Agustus 2019 dan dirilis 25 Agustus oleh kantor berita Korea Utara (KCNA) ini memperlihatkan Pemimpin Korut Kim Jong Un merayakan uji coba senjata peluncur roket berukuran besar di lokasi yang tidak diketahui. (AFP/KCNA via KNS/Kompas.com)

Rudal balistik kapal selam yang diluncurkan dari Teluk Wonsan itu diidentifikasi sebagai rudal balistik Pukguksong-3.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pun mengirimkan 'ucapan selamat yang hangat' kepada tim peneliti yang terlibat dalam uji coba.

"Peluncuran itu tidak mempunyai dampak buruk bagi negara-negara tetangga," demikian laporan KCNA mengutip Kim Jong Un.

Korut Ndableg, Trump Rencanakan Serangan Bloody Nose

SADIS Kim Jong Un Eksekusi Jenderalnya dengan Melemparnya ke Tangki Berisi Ratusan Piranha

PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong Un tengah memeriksa sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-12 pada suatu kesempatan.
PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong Un tengah memeriksa sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-12 pada suatu kesempatan. (KCNA/Reuters/Independent)

Langgar resolusi PBB

Pyongyang dilarang menguji coba rudal balistik berdasarkan resolusi yang dikeluarkan Dewan Keamanan PBB.

Jepang menyatakan, salah satu dari rudal yang diujicobakan oleh negara komunis itu jatuh di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) mereka.

KCNA melanjutkan, uji coba rudal balistik kapal selam menjadi babak baru dalam upaya Korea Utara melindungi diri dari 'ancaman pasukan asing'.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved