Ulang Tahun

67 Tahun Bang One Karni Ilyas: Kalau Ditakdirkan Lahir Kembali, Saya Tetap Pilih Profesi Jurnalis

Presiden ILC Karni Ilyas genap berusia 67 tahun pada akhir September lalu. Dulu ia pernah dipanggil PKI oleh anakbuahnya. Ia raih gelar Dr HC.

67 Tahun Bang One Karni Ilyas: Kalau Ditakdirkan Lahir Kembali, Saya Tetap Pilih Profesi Jurnalis
Ilham Bintang untuk Wartakotalive.com
Presiden ILC Karni Ilyas bersama Ketua DK PWI Ilham Bintang dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang dalam perayaan Ulang Tahun Ke-67 Karni Ilyas, 25 September 2019. 

Catatan Ilham Bintang

Hari Rabu 25 September, tokoh pers Nasional Karni Ilyas ulang tahun ke-67 tahun. Syukuran ulang tahun Karni Ilyas, presenter kondang Indonesia Lawyers Club TVOne, berlangsung Rabu malam di Motion Blue Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta Pusat.

Dihibur dua band Lumintu dan Jaya Blues. Tampil menghibur tamu penyanyi Eka Deli dan Vivick Tjangkung. Sekitar 300 tamu undangan terdiri keluarga dan sahabat Pemimpin Redaksi TVOne itu ikut berbagi kebahagiaan.

Tampak antaranya Oesman Sapta Odang, Gories Mere, Rachmat Gobel, Ardhie Bakri, Ary Ahmad, Saleh Husin, Wahyu Muryadi, Marah Sakti Siregar, Ridwan Dalimunte, Ricky Rachmadi, Chris Kanter, Ira Sofwan, Henky Sanjaya, Gabril Mahal, Andriy Bima, Ferdy Hasan, Farhan, dan sebagainya.

Kewartawanan menjadi cita-cita Karni sejak kecil. “Kalau ditakdirkan lahir kembali, saya akan tetap memilih profesi sebagai jurnalis,” katanya.

Profesi wartawan menurut sarjana hukum lulusan Universitas Indonesia ini penuh tantangan, memberi kesempatan untuk berkenalan dengan banyak tokoh. Itu memang dibuktikannya.

Rasanya tidak satu pun tokoh pengambil keputusan di negeri ini yang tidak mengenal dan dikenalnya.Sejak menjadi wartawan pergaulannya dengan praktisi dan aparat penegak hukum negeri ini sudah terjalin baik.

Karni Ilyas terlahir dengan nama Sukarni Ilyas di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, 25 September 1952. Dulu Karni - terutama di masa memimpin majalah, sering disapa anak buahnya dengan panggilan PKI - akronim Pak Karni Ilyas.

Tetapi sejak memimpin tvOne tahun 2008, praktis sejak itu ia lebih akrab dengan panggilan Bang One. Mengikuti nama kartun maskot tvOne yang selalu menyampaikan kritik pedas dengan cara jenaka.

Bang One mengawali karier sebagai wartawan pada usia 20 tahun di Harian Suara Karya (1972). Pada tahun 1978 ia bergabung di Majalah Tempo.

Halaman
123
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved