Berita Bogor

TMMD Bangun Jalan Setapak Jadi Lebar 7 Meter di Tamansari Bakal Lebih Mudah Pacu Ekonomi Desa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Kodam III/Siliwangi telah membuka akses infrastruktur jalan maupun jembatan di wilayah Tamansari

TMMD Bangun Jalan Setapak Jadi Lebar 7 Meter di Tamansari Bakal Lebih Mudah Pacu Ekonomi Desa
Wartakotalive.com/Adi Kurniawan
Kepala Staf Kodam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati kepada wartawan usai melakukan giat TMMD di Desa Buana Jaya, Tanjungsari, Rabu (3/10). 

BOGOR, WARTAKOTALIVE.COM -- Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Kodam III/Siliwangi telah membuka akses insfrastruktur jalan maupun jembatan di wilayah Tamansari Kabupaten Bogor.

Pembukaan akses infrastruktur jalan dan jembatan ini melalui program lintas sektoral yaitu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Bhakti Siliwangi Satata Sariksa. 

"Kodam III/Siliwangi berterima kasih kepada Bupati Bogor Ade Yasin karena kerjasama yang baik dalam melakukan TMMD dan Bhakti Siliwangi Satata Sariksa demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan membangun infrastruktur jalan maupun jembatan di desa tertinggal," kata Kepala Staf Kodam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati kepada wartawan usai melakukan giat TMMD di Desa Buana Jaya, Tanjungsari, Rabu (3/10). 

Ia menambahkan pembangunan jalan yang awalnya setapak lalu memiliki lebar 7 meter ini akan berjalan selama sebulan dan akan mengubungkan Desa Buana Jaya dengan Desa Desa Parung Banteng,  Ciririp Kab Purwakarta maupun Desa Cigunung Herang, Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur. 

"Agar infrastruktur jalan maupun jembatan ini nyambung antar kabupaten di Provinsi Jawa Barat maka Kodam III/Siliwangi akan memerintahkan Kodim 0619/Purwakarta dan Kodim 0608/Cianjur  maupun Pemkab setempat untuk berkoordinasi dalam melakukan pembangunan insfrastruktur," tambahnya. 

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, bahwa Pemkab Bogor akan meneruskan sinergitas dengan Kodam IIII/Silwangi dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di Bumi Tegar Beriman yang memiliki 40 kecamatan dan 435 desa maupun kelurahan. 

"Kabupaten Bogor ini sangat luas dan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan insfrastruktur jalan maupun jembatan maka kami membutuhkan peran Kodam III Siliwangi ataupun TNI pada umumnya," kata politisi PPP ini.

Lanjut Ade Yasin mengatakan, selain pembangunan insfrastruktur jalan dan jembatan, Pemkab Bogor juga akan bekerjasama dengan TNI untuk pembangunan di bidang pertanian maupun sumur bor karena banyak wilayah kita yang mengalami bencana kekeringan. 

"Selama ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor sudah memberikan bantuan air bersih, namun karena bantuan tersebut kurang memenuhi akan kebutuhan air maka pada tahun 2020 Pemkab Bogor akan membangun sumur bor di wilayah rawan bencana kekeringan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 0621 Letkol (Inf) Harry Eko Sutrisno mengatakan dengan pengaspalan jalan yang dilakukan di TMMD kali ini sepanjang 2,7 Km dengan lebar 7 meter, warga Kabupaten Bogor, Cianjur dan Purwakarta akan lebih mudah dalam pergerakan ekonominya. 

"Dengan profesi masyarakatnya mayoritas sebagai petani, maka dengan terbangunnya jalan ini maka hasil pertanian yang di jual ke luar daerah akan semakin maksimal keuntungannya yang otomatis akan meningkatkan taraf hidup masyarakat di tiga kabupaten ini," lanjut Letkol (Inf) Harry. (akn)

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved