Pengambilan Sumpah Jabatan Presiden-Wapres Tetap 20 Oktober, Jokowi Tak Minta Majukan Jadwal

Jokowi dipastikan tidak pernah meminta jadwal pengambilan sumpah jabatan dirinya dan Maruf Amin, dimajukan satu hari menjadi 19 Oktober 2019.

Pengambilan Sumpah Jabatan Presiden-Wapres Tetap 20 Oktober, Jokowi Tak Minta Majukan Jadwal
TRIBUNNEWS/THERESIA FELISIANI
Jokowi seusai menghadiri puncak Peringatan Hari Batik Nasional di Pura Mangkunegara, Solo, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019). 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dipastikan tidak pernah meminta jadwal pengambilan sumpah jabatan dirinya dan Maruf Amin, dimajukan satu hari menjadi 19 Oktober 2019.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan, Presiden Jokowi pasti memahami tentang ketatanegaraan, dan yang meminta jadwal dimajukan pun bukan dari pihak Istana.

"Tapi yang mendengar-dengar, sehingga itu tidak ada (permintaan dimajukan)," tutur Pramono Anung di kantornya, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

DAFTAR Lengkap 575 Anggota DPR Periode 2019-2024

Menurutnya, Presiden Jokowi akan mematuhi apa yang telah diputuskan oleh KPU, yaitu periode masa pemerintahan maupun DPR selama lima tahun, tidak lebih dan tidak kurang.

"Tidak boleh maju sehari, tidak boleh mundur sehari, jadi tetap akan berlangsung 20 Oktober 2019, sesuai jadwal KPU," ucap Pramono Anung.

Jokowi juga belum bisa bicara banyak atas usulan jadwal pengambilan sumpah jabatan dimajukan satu hari.

DPR 2014-2019 Cuma Sahkan 91 Undang-undang, Fahri Hamzah Bilang Pemerintah Sering Jadi Masalah

"Ya itu (pelantikan dimajukan) kita serahkan, yang punya kerja MPR. Jadi kita serahkan ke sana, jangan tanyakan ke saya."

"Saya kan dapat usulan banyak dari relawan. Pak, dimajukan Pak tanggal 19."

"Tapi sekali lagi ini wilayahnya ada di MPR," ucap Jokowi seusai menghadiri puncak Peringatan Hari Batik Nasional di Pura Mangkunegara, Solo, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019).

Ini Isi Sumpah Anggota DPR: Mengutamakan Bangsa dan Negara Daripada Kepentingan Pribadi

Mantan Wali Kota Solo ini melanjutkan, saat ini pimpinan MPR belum terbentuk dan baru dilantik pada Kamis (3/10/2019) besok.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved