Legalisir Dokumen Kependudukan di Bekasi Kini Cukup ke Kecamatan

Warga Bekasi yang hendak melegalisir dokumen kependudukan dan catatan sipil kini cukup mengurusnya di kecamatan setempat.

Legalisir Dokumen Kependudukan di Bekasi Kini Cukup ke Kecamatan
Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Ilustrasi pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil. 

Kabar gembira bagi masyarakat Kota Bekasi. Warga yang ingin melakukan pelayanan legalisir produk administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Kota Bekasi bisa dilakukan di tiap kecamatan masing-masing.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Taufiq Hidayat mengatakan pelayanan legalisir itu sudah bisa dilakukan di tiap Kecamatan mulai 30 September 2019 lalu.

"Kita sudah ada surat edarannya, Edaran Nomor: 470/ 2798/Disdukcapil.set. Jadi warga Kota Bekasi tak perlu repot-repot jauh-jauh ke kantor Disdukcapil langsung ke kecamatan saja," ujar Taufiq kepada Wartakota, Rabu (2/10/2019).

Layanan legalisir itu untuk pengajuan legalisasi kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan kartu tanda penduduk (KTP).

Legalisir itu biasa digunakan untuk keperluan daftar sekolah, kuliah, daftar CPNS, keperluan buat paspor ataupun lainnya.

"Peningkatan pelayanan ini dalam rangka simplikasi pelayanan kependudukan bagi warga Kota Bekasi," ucap dia.

Dengan begitu, hampir seluruh pelayanan administrasi kependudukan bisa dilakukan di Kecamatan. Setelah sebelum, pelayanan perekamanan, pencetakan E-KTP, penerbitan Kartu Keluarga (KK), Pemindahan KK, akte kelahiran dan terakhir legalisir.

"Semua serba bisa urus di kecamatan. Hanya satu yang tidak bisa itu pembuatan akte pernikahan. Karena kami keterbatasan petugas yang bisa lakukan pencatatan akte pernikahan itu," ungkap dia.

Taufiq menambahkan banyaknya pelayanan yang dapat dilakukan di kecamatan. Pihaknya telah menambah petugas agar tidak terjadi tumpukan antrean.

"Kalau dari segi peralatan engga ada tambahan ya. Sudah cukup, cuman paling kan awalnya engga bisa diakses di kecamatan sekarang bisa. Lagi pula juga sekarang kan sudah tanda tangan elektronik dari saya. Jadi simple engga perlu kirim-kirim berkas ke saya buat tanda tangan basah," tandasnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved