Investasi

Kinerja Reksadana Pendapatan Tetap Terkena Efek Penurunan Suku Bunga, Ini Penjelasan Analisis

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang kembali turun di bulan September jadi pendorong kinerja reksadana pendapatan tetap unggul di bulan lalu.

Kinerja Reksadana Pendapatan Tetap Terkena Efek Penurunan Suku Bunga, Ini Penjelasan Analisis
thinkstockphotos
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang kembali turun di bulan September jadi pendorong kinerja reksadana pendapatan tetap unggul di bulan lalu.

Berdasarkan data Infovesta Utama, rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta Fix Income Fund Index 90, naik 0,79 persen secara bulanan.

Sedangkan sejak awal tahun rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap tumbuh 8,29 persen.

Kinerja tersebut mengungguli rata-rata kinerja reksadana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta Money Market Fund Index 90 yang tumbuh 0,48 persen secara bulanan dan tumbuh 4,37 persen secara tahunan.

Head of Research Invofesta, Wawan Hendrayana, mengatakan, reksadana pendapatan tetap berkinerja paling tinggi karena tersokong penurunan suku bunga yang kembali terjadi di bulan lalu.

Suku bunga yang turun ke 5,25 persen membuat yield obligasi turun dan harga obligasi naik.

"Kinerja reksadana pendapatan tetap lebih disokong dari naiknya harga obligasi," kata Wawan.

Penyaluran Pinjaman Fintech P2P Lending Sudah Tembus Rp 49 Triliun, Ini Sikap AFPI

Selain itu, di bulan lalu perkembangan perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China juga cenderung mereda dan menjadi katalis positif bagi reksadana yang memiliki aset dasar obligasi.

Dengan inflasi tahunan hingga September yang masih di 2,2 persen, Wawan memproyeksikan ruang untuk suku bunga turun masih terbuka lebar dan menjadi kesempatan emas bagi kinerja reksadana pendapatan tetap ke depan.

Dengan begitu, Wawan memproyeksikan hingga akhir tahun kinerja reksadana pendapatan tetap bisa tetap unggul dari pada kinerja reksadana jenis lain.

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved