Kenapa UKM Lebih Suka Menggunakan Media Sosial Dibandingkan E-Commerce? Berikut Penjelasannya

UKM di Indonesia yang berjualan online rupanya lebih banyak mengandalkan media sosial dibandingkan platform e-commerce.

Kenapa UKM Lebih Suka Menggunakan Media Sosial Dibandingkan E-Commerce? Berikut Penjelasannya
Istimewa
ILUSTRASI Media Sosial 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Di era digital seperti saat ini, rupanya ada yang unik dalam perilaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam memilih platform jualan online.

Berdasarkan survei terbaru perusahaan rintisan logistik Paxel tahun 2019, UKM di Indonesia yang berjualan online rupanya lebih banyak mengandalkan media sosial.

Seperti menggunakan Whatsapp dan Instagram ketimbang e-commerce atau marketplace.

COO Paxel, Zaldy Ilham Masita, mengatakan, hasil survei yang diikuti oleh lebih dari 535 penjual online ini merupakan pandangan baru dan perubahan perilaku dalam bisnis di era digital, yang belum pernah disurvei oleh pemerintah RI.

Penggemar Hello Kitty, Ini Kabar Buruk dari Johor soal Sanrio Hello Kitty Town

"Ada perubahan behavior dari UKM-UKM kita. Data Bank Indonesia menyebut ada kenaikan bisnis online 150 persen, tapi hanya e-commerce. Tapi yang di media sosial belum pernah disurvei. Makanya hasil survei ini adalah suatu fenomena baru," kata Zaldy, Rabu (2/10/2019).

Survei tersebut mencatat, 33 persen dari 535 responden berbisnis kurang dari satu tahun (beginner seller), 33 persen responden sudah berbisnis lebih dari satu hingga dua tahun (experienced seller), dan 34 persen responden sudah berbisnis lebih dari 2 tahun (veteran seller).

Dari kategori tersebut, 87 persen responden menggunakan lebih dari satu platform, umumnya mengombinasikan media sosial dan situs e-commerce.

Kendati menggunakan lebih dari satu platform, Whatsapp dan Instagram merajai penjualan online.

Media sosial yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp dengan persentasi 84 persen, diikuti Instagram 81 persen, e-commerce Shopee 53 persen, Facebook 36 persen, Tokopedia 29 persen, dan Bukalapak 18 persen.

Dari hasil survei tersebut, Zaldi mengatakan, UKM memilih media sosial karena berbagai alasan, salah satunya media sosial lebih akrab di kehidupan sehari-hari.

Ini Motif Batik Andalan Banten, Ini Lokasi Penjualannya

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved